M. Zakir Rasyidin: Penetapan Tersangka Slamet Maarif sesuai Prosedur

0

Jakarta, Voiceofjabar.com – Praktisi hukum, M. Zakir Rasyidin menilai penetapan status tersangka terhadap Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif, sudah sesuai prosedur formal.

Menurutnya, aparat penegak hukum telah mengambil langkap tepat sebab penetapan tersangka itu berpijak pada dua alat bukti yang cukup sesuai amanat KUHP.

“Oleh karena itu jika pihak tersangka berkeberatan atas penetapan tersangka tersebut, maka gunakanlah ruang hukumnya, yaitu ajukan upaya hukum praperadilan,”tegasnya kepada voiceofjabar dalam keterangan tertulis, Selasa, (12/02).

Jika langkah tersebut ditempuh pihak tersangka, kata dia, setidaknya dapat menghentikan beragam opini sesat sebagian publik yang menyebut sikap aparat tersebut terkesan tidak fair..

“Supaya opini soal tuduhan bahwa Penegak hukum tidak fair bisa lebih terminimalisir dan distop. Karena setahu saya penegakan hukum saat ini sudah cukup transparan, dengan mengedepankan prinsip profesionalitas modern dan terpercaya,”tandasnya.

Sebelumnya, Slamet Ma’arif, ditetapkan tersangka oleh Polresta Solo, sejak Jumat, (8/2/2018).

Ia diduga melakukan tindak pidana pemilu berupa berorasi mengkampanyekan salah satu calon, serta mengimbau tak memilih calon lain, saat acara Tabligh Akbar PA 212 Solo Raya, di wilayah Gladag, pada Minggu (13/1/2019) pukul 06.30-10.30 WIB.

Penetapan Slamet Ma’arif sebagai tersangka dilakukan usai Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Surakarta, Poppy Kusuma, membawa bukti-bukti dugaan pelanggaran pemilu dalam acara itu. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here