Kukuhkan Bunda PAUD, Bupati Tasik: Pendidikan Usia Dini harus Dapat Perhatian Lebih

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Pendidikan usia dini sebagai dasar penajaman kecerdasan anak harus terus dipupuk. Sebab, pada rentang usia nol sampai 5 tahun, daya ingat anak sangat kuat sehingga ia mampu merekam sesuatu dengan cepat dan menancap.

“Bahkan di usia 4 tahun, 50% kecerdasan sirkuit emosi terbangun. Termasuk pengandalan diri, karakter yang sesungguhnya sehingga pendidikan nol sampai dengan 5 tahun ini menjadi sangat penting karena saham kita terhadap anak anak kita ada di usia itu,”jelas Bupati Tasik, Ade Sugianto saat menghadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya, Senin (11/03/2019).

Untuk itu, lanjut Ade, pendidikan usia dini harus mendapat porsi khusus dari pemerintah dalam upaya membantu mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, ia berharap Bunda PAUD yang telah dikukuhkan dapat menjadi motor penggerak dalam peningkatan mutu dan kualitas anak.

“Saya berharap dengan pembentukan Bunda PAUD ini aksinya yang lebih terlihat dan dapat meningkatkan mutu dan kualitas daripada penyelenggaraan membuka kerja sama bagaimana nantinya bisa berkoordinasi baik agar sumber sumber untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tersebut dapat terlaksana di Kabupaten Tasikmalaya,”harapnya.

Ketua Bunda PAUD Hj. Ai Dantani Ade sugianto mengatakan  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk mengantarkan anak Indonesia yang cerdas dan sehat. Upaya mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan banyak pihak. Bunda PAUD adalah bagian dari upaya itu. Keberadaannya penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di suatu wilayah dalam mewujudkan ketersediaan layanan PAUD yang berkualitas di mana dia berada.
Bunda PAUD juga hadir untuk memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang dibuat turut menyertakan dukungan untuk pembangunan pendidikan anak usia dini.
Sebuah peran yang diharapkan akan semakin mendorong meningkatnya akses dan kualitas layanan pendidikan usia dini mulai dari usia 0-5 tahun di kabupaten Tasikmalaya hanya 50% pengenalan kecerdasan yang sesungguhnya.
Bahkan Peran dan fungsi strategis Bunda PAUD memang telah menjadi perhatian dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.
Pengukuhan ini menunjukkan adanya sebuah komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan usia dini di Kabupaten Tasikmalaya. Dia percaya bahwa prosesi ini akan menjadi awal dari upaya strategis untuk bersama-sama membangun generasi penerus yang berkualitas mulai dari usia dini.
Mereka mesti memastikan PAUD-PAUD yang ada di wilayahnya bisa memberikan layanannya tanpa kendala berarti.
“Saat ini, ada sekitar 5000 PAUD di seluruh Kabupaten Tasikmalaya, Bunda PAUD-lah yang seyogyanya berperan dan memastikan agar PAUD-PAUD yang ada di wilayahnya bisa berjalan sebagaimana mestinya,”katanya.  (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here