Kualitas Produk dalam Negeri Diatur Perpres

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com
Pengadaan barang dan jasa, pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

“Adanya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa, didorong oleh perlunya pengaturan yang memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money) dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah serta pengembangan berkelanjutan” ujar
Bambang Alamsyah, selaku Training Of Trainer Pengadaan Barang dan Jasa Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Ia menambahkan, tujuan dari pengadaan barang dan jasa adalah menghasilkan barang dan jasa yang tepat dari setiap anggaran yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi, dan penyedia.

“Yang tak kalah penting adalah dalam upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan peran serta usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,”katanya.

Pengadaan barang dan jasa antara lain untuk meningkatkan peran pelaku usaha nasional, mendukung pelaksanaan penelitian dan pemanfaatan barang dan jasa hasil penelitian, meningkatkan keikutsertaan industri kreatif, mendorong pemerataan ekonomi, dan mendorong pengadaan berkelanjutan. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here