KPU Jabar Sosialisasi Pilkada di Car Free Day

0

Bandung, voiceofjabar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU Provinsi Jawa Barat terus melakukan sosialisasi pilkada serentak 2018 mendatang kepada masyarakat. Beberapa cara dilakukan. Mulai dari sosialisasi yang prosedural hingga sosialisasi menggunakan sarana hiburan seperti yang lakukan pada hari ini, Minggu, (13/08) di Jl. Ir Djuanda, Dago, Bandung.

Di sela car free day, KPU menyajikan pementasan seni budaya dan modern. Di dalamnya, disisipkan pesan sadar demokrasi bagi masyarakat menyongsong perhelatan pilkada serentak dan pilpres 2109 nanti.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat mengungkapkan meski pilkada masih jauh, sosialisasi sadar demokrasi harus intens dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang arti penting memilih sosok pemimpin.

“Tentunya kita harus menginformasikan agenda itu ke warga bahwa ini agenda penting. Menjadi penting karena ini siklus pergantian kepemimpinan agar masyarakat tahu manfaat pemilu dan ruginya tidak ikut pemilu,”ungkapnya kepada VOJ di lokasi acara.

Menurutnya, sosialisasi pilkada harus dikemas menyenangkan dan menarik dan tidak terlihat kaku. Sehingga pesan penting di dalamnya tersampikan menyenangkan pula.

“Supaya sosialisasi itu tidak kaku, kita bikin sosialisasi yang menyenangkan dengan memanfaatkan car free day,”katanya.

KPU Jabar pun telah menginstruksikan kepada seluruh KPU di Kabupaten/Kota agar melakukan cara-cara tersebut di lingkungannya. Sehingga tidak muncul kesan di benak masyarakat bahwa pemilu itu menegangkan.

“Kita harus menghilangkan kesan bahwa pemilihan kepala daerah itu menegangkan. Harus kita rubah menjadi arena kompetisi yang menyenangkan. Bahkan sosialisasi ini bisa jadi wisata politik,”pungkasnya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here