Koppemdes Garut Fasilitasi Aparatur Desa agar Dapat Tunjangan Hari Tua

0

Garut, Voiceofjabar.com –  Koperasi Pemerintahan Desa (Kopemdes) Kabupaten Garut berupaya membenahi kesejahteraan aparatur desa. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menjalin kerjasama dengan pihak bank.

Dalam hal ini dengan pihak Bank Jabar Banten (BJB). Hal tersebut terutama diproyeksikan bagi aparatur desa yang non PNS sebagai tunjangan hari tua.

“Kami udah ada semacam MoU  dengan pihak Bank Jabar.  Ada pinjaman untuk setiap aparatur desa itu sebesar Rp50 juta per orang dengan jaminan SK Bupati,” terang Ketua Koppemdes Kabupaten Garut, Dede Kusdinar kepada VOJ di ruang kerjanya, Senin, (03/07).

Dijelaskan Dede, saat ini program tersebut baru terealisasi sebanyak 1700 orang dari 4000 anggota Koperasi Pemerintah Desa  yang ada di Kabupaten Garut. Sementara sisanya, sampai saat ini masih banyak yang belum terdaftar karena anggota yang berhak mendapatkan pinjaman hanya mereka yang sudah menabung simpanan wajib sebesar Rp1 juta per orang.

“Mungkin tahap berikutnya apabila ada desa misalkan ada yang mau pinjam ke BJB itu harus mendatangi koppemdes dulu sebagai fasilitator,”katanya.

“Program ini dimaksudkan agar jangan sampai aparatur desa tidak punya dana tunjangan hari tua. Alhamdulilah pihak BJB percaya SK bupati bisa dijaminkan,”tandasnya. (yef)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here