Komitmen Ayep Zaki Entaskan Kemiskinan & Anak Yatim melalui Penguatan UMKM & Pendidikan

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Variabel Pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas dapat dilihat dari beberapa aspek. Yakni menurunnya angka kemiskinan, pengangguran, ketimpangan sosial dan membaiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Salah satu upaya untuk mencapainya adalah dengan memperkuat sektor usaha ultra mikro, usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi. Hal ini pula yang sedang banyak dilakukan oleh para pegiat ekonomi mikro untuk mengentaskan kemiskinan.

Salah satunya dilakukan oleh H. Ayep Zaki S.E. Ia berinisiatif untuk menyusun satu langkah strategi dan taktis untuk mengentaskan kemiskinan dan anak yatim di Indonesia melalui program pendidikan dan empowering UMKM.

“Terhadap ini, saatnya bangsa Indonesia merespon program pengentasan kemiskinan ini dan mendukung triggering Anak Yatim Indonesia menjadi berjiwa entrepreunership,”ungkap Zaki kepada VOJ.

Zaki mengawali kegiatannya itu sejak tahun 2005. Ia fokus merintis pembangunan ekonomi melalui pendirian unit-unit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di berbagai wilayah di seluruh Indonesia secara mandiri.

Rintisan pembangunan ekonomi pertama kali, diimplementasikan melalui Program KARIBAJA (Kalimantan, Riau, Batam, dan Jawa), di mana anggota yang ikut
berpartisipasi dalam program tersebut ditempatkan dan dikaryakan di berbagai titik UMKM yang kelak akan disebar ke seluruh penjuru tanah air.

Pembinaan UMKM dilakukan tanpa henti dan selalu mengingatkan para anggota agar menjadi manusia yang dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. Hasil dari pembinaan tersebut, saat ini sudah berdiri titik-titik UMKM rintisan yang totalnya sudah mencapai 244 Unit Usaha yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia.

Unit Usaha yang didirikan oleh ZAKI, adalah unit usaha produktif berupa badan usaha berbadan hukum (PT/ Koperasi) dan badan usaha tidak berbadan hukum (Perseorangan/ CV) yang berada di bawah pengelolaan dan pengawasan FKDB.

Karakter yang dibangun oleh Zaki untuk setiap UMKM binaannya, pertama Legal, unit usaha memiliki perizinan usaha sesuai peraturan berlaku. Kedua, Komitmen. Unit usaha mendukung
Visi Misi dan ketiga produktif, unit usaha berkontribusi dalam pembangunan pendidikan.

“Kami berkomitmen akan terus mengembangkan titik usaha di seluruh
Indonesia baik secara mandiri ataupun bermitra dengan pihak lain guna mewujudkan Indonesia sejahtera, adil & makmur,”imbuhnya.

PEMBANGUNAN PENDIDIKAN
Selain membangun unit-unit usaha, sejak Tahun 2005, H. Ayep Zaki, juga mulai membangun unit-unit satuan pendidikan mulai dari LKP, PAUD, SMP, SMA, SMK dan Yayasan sebagai operator untuk pembangunan di bidang pendidikan melalui YPPDB yang seluruh pembiayaannya dari hasil kegiatan pembangunan di bidang ekonomi.

“Ini artinya secara mandiri membangun ekonomi melalui pendirian UMKM untuk membiayai pembangunan dunia pendidikan,”katanya.

YPPDB didirikan oleh H. Ayep Zaki, S.E berdasarkan Akta Pendirian No.26 pada tanggal 19 Agustus 2010. Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB) merupakan Yayasan yang bergerak dalam
bidang pendidikan, kemanusiaan, dan keagamaan.YPPDB telah mengalami perkembangan yang pesat dalam pembangunan Pendidikan, dibuktikan
dengan terus bertambahnya satuan-satuan pendidikan baru.

“Hal ini menunjukkan komitmen yayasan terhadap peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia sangat tinggi,”ujarnya.

PROFILE
Nama Lengkap: H. AYEP ZAKI, S.E
NIP: 3202281012650003
Tempat, Tanggal, Lahir: Bogor, 10 Desember 1965
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Kebangsaan: Indonesia
Agama: Islam
Status Perkawinan: Kawin
Alamat: Signature Park Apartment Jl. MT Haryono RT 08 RW 09 Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet,
Kota Jakarta Selatan
Hobby: Olahraga

Kontak: 081288039114

Email: ayep.zaki@fkdb.or.id

PRESTASI
Penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan UMKM dari Presiden RI Tahun1997

Penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan dari Menteri Perindustrian & Perdagangan RI Tahun1997

Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai UKM Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2004

Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Inovator Menengah Bidang Usaha Industri Alat Berat tingkat Provinsi
Jawa Barat Tahun 2008.

VISI MISI

Visi:
Menjadi sosok pribadi yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama.
Misi:
1. Mendukung kebijakan pembangunan nasional di bawah kepemerintahan yang sah
2. Memberdayakan UMKM
3. Mendirikan sarana pendidikan dan menyelenggarakan Pendidikan generasi bangsa yang
berkarakter baik formal maupun nonformal
4. Menyelesaikan permasalahan Fakir Miskin
5. Membina wirausaha anak yatim

(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here