Komisi IV DPRD Jabar: Masih Banyak Pekerjaan Bandara Kertajati yang Belum Tuntas

0

Majalengka, Voiceofjabar.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat resmi beroperasi terhitung sejak 24 Mei 2018.

Bandara ini akan melayani lima rute penerbangan domestik. Yakni Kertajati-Denpasar, Kertajati-Surabaya, Kertajati-Ujung Pandang, Kertajati-Balikpapan dan Kertajati-Medan.

Menanggapi peresmian BIJB tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady, menyatakan rasa syukur yang mendalam.

“Kita bersyukur bahwa pada akhirnya bandara yang kita inginkan ini terwujud juga. Bandara seluas 1.000 hektare ini sangat strategis, apalagi jika sudah seperti grand desainnya yang luasnya mencapai 1.800 hektare,”katanya.

Daddy menambahkan masih banyak pengerjaan bandara yang harus diselesaikan. Misalnya, runway baru 2.500 meter dari rencana 3.000 meter. Belum lagi akses tol. Selain itu, embarkasi haji belum ada.

“Padahal, jamaah haji asal Jabar paling besar jumlahnya. Apalagi jika kita menghitung potensi jamaah umrah yang tiada henti sepanjang tahun,”ujarnya.

Berkaitan dengan penamaan, jauh sebelum diresmikan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pernah mengusulkan agar bandara ini dinamai Bandara Internasional Jawa Barat, KH Abdul Halim.

Aher beralasan penamaan tersebut sebagai penghormatan terhadap KH. Abdul Halim sebagai pahlawan asal Majalengka.

“Biasanya berbagai tempat bandara Indonesia dinamai pahlawan setempat. Pahlawan nasional dari Majalengka adalah KH Abdul Halim, saya rasa setuju kalau saatnya nanti diberi nama KH Abdul Halim,” kata Aher. (ty)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here