Kibar Budaya Kota Tasik Kian Digandrungi

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya kembali menyajikan Kibar Budaya jilid III, Selasa malam, (25/04). Agenda ini sebagai lanjutan dari helatan yang sama tahun lalu. Rencananya, Kibar Budaya sendiri akan dilakukan continue dua minggu sekali terhitung sejak Mei hingga Desember 2017.

“Kibar budaya ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat yang sudah mengetahui tiap tahun ada kibar budaya.  Hari ini sampaikan openingnya tanggal 26 April 2017 dan bulan Mei akan berjalan,”ungkap Ketua Dewan Kesenian Kota Tasik, Bode Riswandi dalam jumpa pers.

“Untuk jadwal tiap sekolah akan kita bagi, ini salah satu cara yang kita lakukan agar menarik apresiator. Beberapa rukun apresiatornya sudah sangat luar biasa. Theater misalnya, itu bisa menghadirkan 1500 penonton,”tambahnya.

Dijelaskan Bode, Kibar Budaya menyiapkan reward penghargaan kebudayaan kepada pelaku seni, khususnya seniman kahot atau senior. Penghargaan untuk seniman yang masih menjalani proses berkesenian belum bisa diberikan.

“Biarkan mereka berproses kesenian dulu. Kami dari dewan kesenian memutuskan kepada yang masih muda jangan dulu dikasih penghargaan karena ini akan menjadi rawan konflik,”katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya, Undang Hendiana mengatakan Kibar Budaya di Kota Tasik adalah tanda bahwa gairah berkesenian urang Tasik meningkat signifikan. Berbagai pementasan seperti teater, pasanggiri, lomba musik  dan lainnya, cukup antusias digandrungi masyarakat.

“Selama ini kualitas pertunjukan semakin baik, itu terlihat dari apresiasi masyarakat luas kemudian apresiator yang datang ke gedung kesenian juga semakin banyak,”ujarnya.

“Kemudian kibar budaya ini dikenal bukan hanya di kota Tasikmalaya, ini sudah dikenal secara nasional dan diminati oleh masyarakat luas,”jelasnya lagi. (jang)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here