Ketua Fraksi PKB Pertanyakan Program JAMU ala RK

0

Bandung voiceofjabar.com – Sejak dilantik jadi Gubernur Jabar, beberapa gebrakan Ridwan Kamil cukup menyita banyak perhatian khalayak. Mulai dari launching program Jabar Masagi, Desa Digital, Jabar Saber Hoaks, Pesantren Juara, One Pesantren One Product (OPOP) dan program Jalan Mulus (JAMU).

Namun, sebagian kalangan justru mempertanyakan perihal realisasi program tersebut. Salah satu yang jadi sorotan adalah program Jalan Mulus.

Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat, Oleh Soleh secara khusus menyoroti program JAMU sebagai program yang masih samar. Menurutnya, Ridwan Kamil harus lebih memperjelas rencana tersebut secara gamblang kepada masyarakat mengingat akan menelan biaya yang tidak sedikit.

“Saya justru menanyakan ke Kang RK validasinya (program Jamu ini) sejauh mana. Mohon dijelaskan biayanya darimana? Terus realisasinya kapan? Mohon jangan gegabah ini. Sebab ketika reses, saya ditanya sama masyarakat. Dewan kena semprotnya. Mohon dijelaskan secara resmi,”ungkap Oleh kepada Voiceofjabar.com, di Bandung, Rabu, (12/12).

Ia meyakini, gubernur sudah berfikir matang dan memahami segala konsekuensi sebelum melaunching berbagai program tersebut.

Namun khusus program JAMU, kata dia, gubernur sebaiknya menjelaskan secara terperinci perihal waktunya kapan serta darimana dan berapa besaran anggaran yang dibutuhkan agar rasionalisasinya jelas.

“Sebab hampir 80% jalan penghubung antar desa, antar kecamatan dan lintas kabupaten itu rusak,”katanya.

Ia menghitung untuk membangun 1 km jalan saja butuh sekitar Rp1,5 miliar. Kalau ada 20ribu KM jalan rusak, berarti butuh Rp200 triliun. Dan hal itu mustahil dibereskan dengan dana desa karena bukan peruntukkannya.

“Dari APBN kan hanya dapat 300 miliar, terbesar 400 miliar. Itu pun bukan untuk infrastruktur semua. Jadi itu, darimana biayanya dan kedua realisasinya kapan. Jika ditanya senang gak dengan program itu, ya jelas senang. Tapi jangan sampai omdo,”pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memposting rencana Program JAMU di akun media sosial pribadinya. Dalam tulisannya, RK menyebut bahwa realisasi jalan mulus akan dikerjakan oleh Pemprov Jabar yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR.

Tolong Netizen tuliskan di kolom komentar: Nama Desa Kecamatan Kabupatennya dan Panjang jalan yang perlu diaspalnya. Bisa desa tempat tinggalnya atau desa mantan terindahnya. Silakan koordinasi dengan kepala desa. Hasil informal ini akan dicroscek dengan ajuan formal. Informasi yang valid akan segera diprioritaskan untuk segera diaspal,”tulis RK. (red/ty).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here