Kemendikbud Persulit Penerbitan NUPTK?

1
IST

Jakarta, Voiceofjabar.com – Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) semakin sulit dimiliki. Banyak guru honorer khususnya SMA dan SMK mengeluhkan lamanya masa penerbitan nomor sakti itu. Ada rela menunggu 7 sampai 10 tahun. Nomor itu tak kunjung terbit. Ada apa?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan terkesan menahan diri untuk menerbitkannya.

Pantauan kami beberapa waktu lalu di Unit Pelayanan dan Pengaduan Kemendikbud RI Jl Jenderal Sudirman Jakarta, para guru honorer SMK dan SMA dari berbagai wilayah datang mempertanyakan hal itu. Jauh-jauh mereka datang dari luar kota hanya untuk menanyakan kejelasan kapan nomor itu terbit?

Di antaranya salah seorang guru SMA sempat berbincang dengan kami. Kata dia, berkas pengajuan NUPTK sudah diurus sejak 8 tahun lalu. Berulang kali ia mempertanyakannya ke pihak pegawai Kemendikbud yang mengurusnya. Namun tak ada jawaban memuaskan.

“Setiap saya ke sini (Kantor Kemendikbud) saya hanya disuruh sabar. Tunggu tahun ini terbit. Ini sistem yang berjalan katanya. Nanti juga keluar. Tapi aneh kemarin ada temen saya datang ke sini, mengadu terus dua hari kemudian terbit NUPTK-nya. Padahal sebelum mengadu gak ada apa-apa,”katanya tanpa menyebut nama.

“Saya disuruh pulang dan menunggu,”ucapnya dengan raut kecewa.

Dengan nada pelan dan mata berkaca-kaca, ia berpamitan kepada kami dan bergegas menuju parkiran lalu pergi meninggalkan area gedung Kemendikbud.

Terpisah, kami sempat mendatangi Dirjen GTK untuk mengkonfirmasi hal ini. Sayangnya, pihak terkait sedang tidak ada di tempat. (ty)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here