Keliling Desa, Disdukcapil Kab Tasik ‘Jemput Bola’ cuma dengan Satu Mobil

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Dinas Kabupaten Tasikmalaya menyatakan sangat siap menyambut Pilkada 2018. Terutama dalam hal kepengurusan administrasi kependudukan masyarakat.

“Untuk pelaksanaan pilkada ini sedang melaksanakan perekaman yang usia 17 tahun sampai dengan usia yang pelaksanaan pada hari H pas usianya 17 th, kami terus bekerja semaksimal mungkin,”ungkap Uu Saeful Uyum Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan data pada dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, (10/01).

Untuk data pemilih di Kabupaten Tasikmalaya, jelas dia, diperkirakan akan meningkat sekitar 5%,. Data tersebut merupakan data dari warga pindahan dari wilayah lain ke Kabupaten Tasikmalaya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk percepatan proses pembuatan e-KTP adalah kerja jemput bola. Keliling kampung mendata sekaligus memproses data kependudulan warga kendati secara letak georgeafis wilayah Kabupaten Tasik sangat luas.

“Kami menggunakan mobil keliling ke 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya tetapi kami fokus di desa-desa,”ujarnya.

Ia mencontohkan daerah Cipatujah Tasik bagian selatan. Jaraknya 100 KM dari pusat kota. Menurutnya di daerah ini banyak warga yang kesulitan mengurus data kependudukan sendirian. Akses terlalu jauh.

“Jadi kita berinisiatif untuk keliling ke desa-desa melayani masyarakat supaya mempunyai kelengkapan administrasi seperti KTP,”katanya.

Cara seperti itu, kata dia. sangat efektif membantu masyarakat di daerah pelosok meski hanya memakai untuk satu unit mobil keliling milik Pemkab rTasik dari APBD 2017. Meski diakuinya fasilitas satu mobil sangat kurang.

“Kalau idealnya maksimal ada 5 unit kendaraan,”katanya.

Banyak yang belum melakukan perekaman

Di kawasan pelosok, masih banyak warga yang belum melakukan perekaman. Padahal dari segi usia, mereka sudah wajib memiliki KTP. Rata-rata dari mereka merupakan warga tak mampu.

“Ada warga bahwa ada 100 penduduk lebih yang kurang mampu dan kita memang harus membantu,”katanya.

Rencananya, sambung dia. keliling desa akan kembali dilakukan pda Februari 2018 mendatang. Untuk saat ini, pihak dinas fokus menggarap warga usia genap 17 tahun pada bulan Juni saat pilkada nanti. Di antaranya para siswa kelas tiga SMA.

“Kami Disdukcapil Kab. Tasikmalaya sangat siap menyambut Pilkada 2018 dan mempercepat perekaman penduduk yang berpotensi menjadi hak pilih di bulan juni 2018. Target kita untuk sampai bulan Juni ini 26.493 jiwa dan ini data real,”pungkasnya. (jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here