Kartini Zaman Now Harus Menempatkan Diri Sesuai Kemampuannya

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari menyebut peringatan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April merupakan momentum untuk refleksikan nilai-nilai kepribadian Kartini bagi kaum perempuan.

Menurutnya, selain sebagai sosok perempuan hebat yang pernah dimiliki oleh bangsa ini, semangat juang RA Kartini harus dimiliki oleh seluruh perempuan di Indonesia.

Ineu menilai perjuangan RA Kartini pada masanya sangat luar biasa berkat perjuangannya, saat ini kaum perempuan di Indonesia bisa berkiprah dan setara dengan kaum pria terutama dalam hal aktualisasi diri.

“Berkat perjuangan RA Kartini, perempuan di Indonesia bisa mengaktualiasi diri sehingga memiliki hak yang sama dengan kaum pria,” ungkap Ineu saat menjadi narasumber pada Peringatan Hari Kartini Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, kemarin.

Ineu menjelaskan, bahwa saat ini hak-hak perempuan telah diakui dan dijamin oleh undang-undang. Perempuan memiliki kesempatan sama di berbagai bidang atau sendi-sendi kehidupan bermasyarakat. Bisa mengembangkan diri dan ikut bersaing dengan kaum pria untuk meraih kedudukan.

Perempuan saat ini mampu membebaskan diri dari keterkurungan, kebodohan dan sistem masyarakat yang dulu kerap dianggap kaku.

Hal tersebut menurut Ineu terbukti dengan banyaknya kaum perempuan menduduki jabatan publik yang strategis, baik di birokrasi maupun legislatif.

Sebagai salah satu sosok perempuan yang berkiprah di bidang legislatif, Ineu mengatakan tantangan yang kini dihadapi oleh perempuan parlemen semakin kompleks.

“Perempuan-perempuan DPRD harus melakukan perannya sesuai kemampuannya, ini sebagai wujud perjuangan untuk berkontribusi terkait penangan dan solusi terkait permasalahan di Jawa Barat” kata Ineu.

Lebih lanjut Ineu menambahkan, implementasi dari tugas dan fungsi wakil rakyat dapat dilakukan baik dalam bentuk keberpihakan anggaran, kebijakan, dan pengawasan yang dilakukan secara intens dilakukan untuk mewujudkan masa depan kaum perempuan Jawa Barat yang lebih baik.

“Ini sebagai upaya untuk mewujudkan masa depan anak dan perempuan yang lebih baik lagi. Kartini zaman now harus menempatkan diri sesuai dengan kemampuannya,”jelas Ineu. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here