Kalau Banyak yang Golput, Biaya Pilkada Mubadzir

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Golkar, Yod Mintaraga berharap partisipasi masyarakat terhadap pemilihan kepala daerah meningkat dari sebelumnya. Oleh karena itu, ia meminta kepada semua pihak agar lebih memaksimalkan langkah sosialisasi pilkada kepada masyarakat supaya angka golput semakin minim.

“Jadi, pilgub sekarang ini, Pemprov anggarkan 1,4 triliun. Cukup besar mahal. Itu baru yang tercantum di APBD Provinsi. Belum di kota kabupaten belum dari paslon. Kalau tidak dilaksanakan sebaik-baiknya mubadzir. Keberhasilan pesta demokrasi salah satunya diukur dari seberapa besar partisipasi rakyat gunakan hak pilih,”terangnya kepada wartawan belum lama ini.

Anggaran sebesar itu, jelas dia, akan menjadi sangat mubadzir ketika tidak mampu mendulang partisipasi masyarakat pemilih. Masyarakat yang tidak tersentuh informasi, akan kehilangan hak politiknya.

Padahal biaya tersebut, kata dia, bila diperuntukkan bagi pembangunan jalan hotmix, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan pesantren atau untuk membantu modal UMKM se-Jawa Barat akan lebih memberi dampak positif.

”Kalau yang golput banyak, berarti sosialisasi gagal dan sia-sia akhirnya,”katanya.

Oleh karena itu, dengan anggaran tadi seharusnya informasi terkait adanya hajat akbar pilkada harus sampai ke telinga masyarakat secara menyeluruh, dari atas hingga akar rumput. Termasuk di dalamnya kaum milenial yang jumlahnya cukup besar.

“Jadi sangat disayangkan kalau pilkada ini pelaksanaanya kurang bagus. Partisipasi masyarakat tinggi maka legitimasi kepemimpinan jadi kuat. Siapapun pemenangnya,”tandasnya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here