Jalankan Program PTSL, BPN Garut Tak Batasi Jumlah Peminat Akta Tanah Gratis

0

Garut, Voiceofjabar.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Garut dan beberapa perwakilan kepala desa se-Kabupaten Garut yang mewakili 42 Kecamatan berembug menyoal program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang digulirkan pemerintah pusat.

Mereka membahas teknis tertib administrasi pembuatan akta tanah yang dalam peruntukkannya hanya bagi warga tak mampu dan diberikan secara cuma-cuma.

Kepala BPN Garut Hayu Susilo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan membatasi jumlah kuota penerima akta tanah tersebut. Meski sebenarnya dibatasi. Sejauh ini, BPN mengagendakan sebanyak 1000 sertifikat per desa.

“Kita mengusulkan sebanyak-banyaknya agar masyarakat bisa menikmati program PTSL ini,”katanya kepada VOJ, di Garut, Senin, (07/08).

“Kita tergantung kemampuan dan kemauan masyarakatnya. Bisa 60 ribu orang atau 100 ribu orang,”ujarnya.

Staf Ahli Bupati Garut Bidang Pemerintahan, Firman Karyadin meminta para lurah agar cepat tanggap dalam menjemput program tersebut. Terutama soal kelengkapan administrasi warga.

“Kalau administrasinya tidak lengkap ya mohon maaf, tadi jadi. Jadi harus dilengkapi dulu,”katanya.

Ia pun meminta para kepala desa agar patuh terhadap SK Tiga Menteri yang hanya membebani biaya administrasi sebesar Rp150.000,- untuk kepengurusan akta tanah.

“Apa yang sudah menjadi keputusan SK Tiga Menteri itu harus jadi pedoman,”katanya.

Kepala Desa Pangauban yang juga pengurus APDESi Kabupaten Garut, Dede Kusdinar menyambut baik program tersebut sebagai program percepatan bagi kesejahteraan warga Garut khususnya.

“Kami sangat antusias sekali karena bagaimanapun sertifikat tanah ini bisa membantu warga yang berekonomi lemah,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here