Jabar Siaga Satu Bencana, Wagub Jabar Segera Evaluasi Penanggulangan Bencana Alam

0
Dok : Web

BANDUNG, voiceofjabar.com- WAKIL Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Pemprov segera mengevaluasi penanggulangan dampak bencana yang terjadi di daerah. Selain akan mengevaluasi Pemprov Jabar akan menginventarisasi berbagai infrastruktur yang rusak akibat bencana untuk segera direhabilitasi dan diperbaiki secara permanen. Hal tersebut diungkapkan Uu Ruzhunul Ulum, Rabu (14/11/2018).

“Kami segera menggelar rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Jabar dan BPBD tingkat kabupaten/kota guna mengevaluasi penanganan dan antisipasi bencana ala, di Kantor BPBD Jabar. Sekarang Jabar bisa dinyatakan Siaga Satu Bencana Alam,”

Dikatakan Uu, rapat pembahasan antisipasi Bencana Alam di Jabar, akan melibatkan dinas lainnya, di antaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Hal ini untuk membahas secara teknis rehabilitasi dampak bencana di Jabar.

“Nanti dalam rapat saya akan bertanya langsung mengenai laporan dan data ril bencana dan dampaknya, penanganannya seperti apa?,” katanya.

Dijelaskan Uu, Jabar merupakan daerah dengan kerentanan tinggi bencana hidrologis seperti banjir dan longsor sehingga penanggulangan bencana harus mendapat perhatian khusus termasuk dalam penganggaran.
“Contoh, jangan kelamaan memakai jembatan bailey, kita harus anggarkan segera perbaikan jembatan di Tasikmalaya yang ambruk karena banjir bandang beberapa waktu lalu pada APBD 2019,” lanjut Uu.

Pihaknya akan mengevaluasi kembali kecukupan bantuan logistik yang dimiliki masing-masing BPBD dan OPD lainnya untuk menanggulangi bencana di Jabar, termasuk yang disalurkan kepada para korban bencana.

Selain itu, pihaknya mendapat laporan bahwa persediaan logistik di sejumlah BPBD tingkat kabupaten/kota mulai menipis.

“Pemprov Jabar memang memiliki keterbatasan anggaran. Karenanya, kebutuhan yang mendesak dan prioritas yang akan ditangani lebih dulu, contohnya infrastruktur yang berdampak besar bagi kehidupan masyarakat,” pungkas Uu seperti di kutif Antara.
Editor : Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here