Inilah Prioritas Pembangunan 2020 Kabupaten Tasikmalaya

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP menghadiri sekaligus membuka rangkaian kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020.

Acara berlangsung di Aula Wiradadaha Lantai 2 Badan Perencaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kegiatan dihadiri Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si, Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Ir. H. R. Hendry Nugroho, MP, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, para Camat beserta Kepala Seksi Pemberdayaan masyarakat Desa, Kepala seksi pemerintahan kecamatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Ir. H. R. Hendry Nugroho,MP Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan, maksud dan tujuan forum SKPD merupakan bagian dari tahapan rangkaian Musrenbang tahun 2020, yang di awali kegiatan musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan.

“Pihak Bappeda melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah,” tutur Hendry.

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto S.IP menegaskan, peraturan tersebut mengamanatkan pentingnya singkronisasi perencanaan pembangunan antara pusat dan daerah.

”Prioritas pembangunan untuk tahun 2020 yakni, akses pendidikan untuk semua desentralisasi pelayanan kesehatan, pertumbuhan ekonomi umat berbasis inovasi, pengembangan destinasi dan insfrastruktur pariwisata, insfrastruktur koneksi wilayah, gerakan bangun desa, subsidi gratis golongan ekonomi lemah, inovasi pelayanan publik dan penataan daerah,” tutur Bupati.

Ade Sugianto menekankan, pioritas pembangunan daerah untuk tahun 2020 sesuai dengan perubahan RPJMD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2016-2021 yakni pemenuhan pencapaian standar pelayanan minimal, pertumbuhan sektor ekonomi agribisnis, pengembangan destinasi pariwisata, reformasi birokrasi, serta mengenai gender yaitu perlindungan perempuan dan anak.

Target RPJMD pada tahun 2017 sebesar 5,95% mengalami peningkatan pada tahun 2018 sebesar 5,96%. Dengan persentase jumlah penduduk miskin tahun 2017 sebesar 10.84% menurun menjadi 9.85%. Pada tahun 2018 Indeks pembangunan manusi sebesar 64.14% meningkat menjadi 64.64% dan pada tahun 2018 menunggu publikasi secara resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tasikmalaya.

Pihaknya harus mengedepankan pro-rakyat sesuai dengan visi misi yang telah diterapkan Kabupaten Tasikmalaya, guna mencapai Kabupaten Tasikmalaya yang religius dan islami.

“Kita sekarang tidak berbicara tentang kinerja kita sesuai aturan, akan tetapi kita berbicara tentang manfaat atau tidaknya apa yang kita kerjakan karena kinerja baik pasti kerjanya baik, akan tetapi kerja baik belum tentu kinerjanya baik,”tutupnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here