Ineu Purwadewi: Seleksi Calon Komisoner KPUD harus Tranparan

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari berharap ada asas keterbukaan kepada publik dalam proses penjaringan calon komisioner KPU tingkat kabupaten/kota di Jabar.

Sebab, kata dia, jika pelaksanaan seleksi tersebut berlangsung tertutup tidak transparan, maka akan memancing prasangka negatif masyarakat.

“Kami harap prosesnya transparan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi sekarang sudah masuk tahap akhir,”ungkap Ineu di Bandung.

Penyataan Ineu tersebut sebagai respon atas adanya calon komisioner KPU Jawa Barat yang tidak lolos seleksi dan mengajukan gugatan KPU ke DKPP. Ia yakin gugatan tersebut tidak akan terjadi seandainya proses dari awal seleksi dilakukan secara terbuka.

“Karena KPU ini adalah para penyelenggara pemilu yang mendapat kepercayaan masyarakat, kalau dari awal saja ada masalah maka dikhawatirkan ke depan akan ada masalah juga. KPU itu memiliki tugas berat dalam mensukseskan pemilu legislatif dan Pilpres 2019,” kata dia.

Dia mengatakan dengan penyelenggara pemilu yang baik, kredibel serta berkualitas maka tentu pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 akan dapat berjalan lancar dan kondusif khususnya di Jawa Barat, yang memiliki jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbesar di Indonesia.

“Alhamdulillah, seperti yang kita ketahui bersama bahwa selama ini di Jabar penyelenggaraan kegiatan politik selalu berjalan dengan lancar dan kondusif,” kata dia mengutip antara. ( red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here