Ineu Harap Partisipasi Perempuan di Pileg & Pilpres Meningkat

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari berharap partisipasi perempuan dalam pileg dan pilpres 2019 meningkat dari sebelumnya.

“Di pilgub lalu partisipasi masyarakat hampir 70%. Saya berharap partisipasi masyarakat di pileg dan pilpres nanti lebih meningkat. Karena melihat jumlah DPT laki-laki dan perempuan nyaris sama,”katanya di Gedung DPRD Jabar, Kamis, (13/12).

Diketahui pada pilgub Jabar 2018, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilgub Jabar 2018 meningkat dibanding dengan Pilgub Jabar 2013. Kurang lebih mencapai 72 persen. Pemilih mayoritas perempuan.

Ineu menghimbau berbagai pihak agar tidak bosan mengedukasi masyarakat tentang peran penting perempuan dalam politik. Sehingga tingkat partisipasi pemilih perempuan dapat terdongkrak pada pileg dan pilpres 2019 mendatang.

Lebih dalam ia menegaskan bahwa peran perempuan dalam politik tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang duduk di posisi strategis, seperti legislator, kepala daerah dan yang lainnya. Keterlibatan semua perempuan dalam menentukan pilihannya di TPS juga merupakan bagian dari politik.

“Perempuan politik bukan saja yang jadi caleg, bukan saja yang ada di dewan bukan saja yang jadi kepala daerah bukan saja yang berperan di parpol. Tapi semua perempuan mau ikut memilih itu juga bagian dari politik. Karena ini perjalanan lima tahun ke depan. Kalau nanti nyoblos terlambat akan rugi tahun ke depan,”terang Ineu. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here