HPN Jabar akan Bangun Ekonomi Pesantren Mandiri

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jawa Barat terus menggeber banyak program inovatif di tahun ini.

Ketua HPN Jabar, H. Asep Syarifudin mengatakan ada beberapa program yang menjadi pekerjaan rumah berkaitan dengan pengembangan ekonomi kerakyatan. Di antaranya membangun ekonomi pesantren mandiri.

Teknis pengembangan usahanya, kata dia, dikerjakan oleh penghuni pesantren termasuk santri-santri ikut dilibatkan.

“Jadi bagaimana menciptakan usaha pesantren sehingga cost atau biaya yang dikeluarkan pesantren dari hasil usaha bukan dari iuran santri,”katanya kepada VOJ usai seminar ekonomi dan pelantikam pengurus HPN Jabar di Bandung, Rabu, (09/08).

“Itu program jangka pendeknya,”tambahnya.

Adapun program jangka panjangnya, terang Asep, HPN Jabar akan membangun Koperasi Saudagar Daerah (Kosada) di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Selain itu, HPN Jabar akan mengembangkan agrobisnis, membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para pelaku usahanya.

“Ya ini juga dalam rangka mencetak kader-kader pengusaha baru yang dimulai dari Wirausaha Anak Yatim (WAY). Nanti bisa meningkat ke jenis usaha yang lebih besar lagi,”jelasnya.

Pengurus HPN Jabar lainnya, H. Ade Hasanudin mengatakan dalam pengerjaan program tersebut membutuhkan modal. Sebab seluruh rencana kegiatan berkaitan dengan bidang usaha.

Akan halnya, pihak HPN Jabar bekerjasama dengan pihak perbankan guna kelancaran jalannya program. Sejauh ini,  ada beberapa bank yang siap bermitra.

“Insyaallah BJB dan BNI bisa kerjasama. Tapi jika dalam waktu dekat sudah ada kegiatan nanti kita yang mengusahakan mencari pendanaannya,”katanya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here