Himalaya Jakarta Bantu Korban Tanah Bergerak

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Himpunan Mahasiswa Tasikmalaya (HIMALAYA) Jakarta bekerjasama dengan beberapa lembaga seperti Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh NU (NU Care LAZISNU), PT Prima Zala Nusantara, dan Anak Baik Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan terhadap korban bencana Desa Sukarasa, Kawalu Tasikmalaya, belum lama ini.

Bantuan tersebut di antaranya berupa pakaian layak pakai, paket sembago dan kegiatan trauma healing untuk anak-anak usia Sekolah Dasar di SDN Karyamukti. Kegiatan berlangsung selama dua hari (9-10 Desember 2017).

Kegiatan penyaluran bantuan tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya  Basuki Rahmat, Kepala Desa Sukarasa, Tete Abdul Manap dan para pengungsi para korban bencana pergerakan tanah.

Rio Setiawan selaku Ketua Umum HIMALAYA Jakarta menyampaikan duka cita atas bencana tanah bergerak tersebut.  Ia dan jajaran pengurus HIMALAYA lainnya mengaku prihatin atas kejadian tersebut.

Oleh karena itu, kata dia, HIMALAYA Jakarta inisiatif membantu meringankan para korban yang terdampak melalui kerjasama dengan beberapa lembaga.

Kami mencoba sebisa kami untuk membuat mereka tersenyum dan gembira di tengah beban berat yang mereka terima karena kehilangan tempat tinggalnya dan sekarang harus tinggal di pengungsian,”katanya kepada voiceofjabar.com.

Kepala Desa Sukarasa, Tete Abdul Manap menjelaskan bahwa ada kerusakan khususnya pemukiman warga sebanyak 123 rumah diantaranya 21 rusak ringan, 22 rusak sedang dan 80 rusak berat.

Untuk saat ini para korban yang mengungsi di balai desa sebanyak 17 KK dan sisanya mengungsi di saudara-saudaranya.

“Kami berterimakasih atas bantuan dari HIMALAYA Jakarta dan mendoakan semoga kelak para Mahasiswa Tasikmalaya yang sedang kuliah di Jakarta ini menjadi para pemimpin terbaik dimasa akan mendatang,”ujarnya.

Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya, Basuki Rahmat mengapresiasi kegiatan “Himalaya Peduli Bencana” ini. Menurutnya masalah kepedulian sosial harus dijaga oleh siapapun tak terkecuali mahasiswa.

Berkaitan dengan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat, Basuki mengaku  akan terus mengawasi kinerja para eksekutif dalam menangani bencana tanah bergerak ini. Sehingga penanganan korban maupun kerusakan yang ada dapat dengan cepat diselesaikan.

“Kita akan terus mengawasi semua pembenahan lokasi dampak bencana ini,”katanya.

Diketahui, Himalaya Jakarta Merupakan komunitas Mahasiswa asal Tasikmalaya yang berdomisili di Ciputat, Tangerang Selatan, organisasi ini menjadi wadah untuk berkumpul dan mengembangkan diri sesama mahasiswa asal Tasik yang sedang kuliah di Jakarta dan sekitarnya. (HM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here