Gowes Touring Pesona Nusantara Tiba di Garut

0

Garut, Voiceofjabar.com – Gowes Touring Pesona Nusantara (GPN) 2017, salah satu program unggulan Kemenpora dalam mengkampanyekan Ayo Olahraga, Minggu (27/08) tiba di Kabupaten Garut.

Garut merupakan estafet ke tujuh dalam rangkaian keseluruhan tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) yang telah hampir 4.000 Km dari 5.000 Km yang diagendakan sejak dimulai dari kota Sabang pada 13 Mei 2017 lalu dan akan berakhir di Magelang pada 9 September 2017 bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Perhelatan Gowes Pesona Nusantara yang melintas di wilayah Garut ini sendiri disambut Bupati dan Wakil Bupati Garut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut, yang sebelumnya menjemput di perbatasan Garut-Nagreg yang kemudian tiba diarahkan ke Gedung Pendopo Kabupaten Garut.

Kadispora Kabupaten Garut, Kuswendi, menuturkan kegiatan Gowes Pesona Nusantara ini merupakan implementasi gerakan Ayo Olahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Tujuannya agar berbagai elemen masyarakat di banyak wilayah Indonesia lebih mencintai olahraga,”katanya.

Hari ini sudah masuk kurang lebih rangkaian ke-67 kabupaten kota. Jadi masih ada kurang lebih 33 kabupaten kota yang akan dilaksanakan sampai 9 September. Itu puncaknya nanti di Magelang. GTPN 2017 akan sampai pada 9 September di Magelang, tepatnya di Gunung Tidar. Disana peserta Gowes Nusantara akan bangun monumen tanah air sebagai simbol NKRI harga mati. NKRI selamanya harus kita pertahankan dan tentu bersepeda ini salah satu semangat kita merawat kebangsaan dan nasionalisme kita.

Sementara salah seorang staff dari Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Agus Santoso menjelaskan, Pemerintah melalui Nawacita Presiden Joko Widodo ingin meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga.

Mengacu pada kesuksesan penyelenggaraan sejumlah tour balap sepeda di Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, bersinergi dengan dinas-dinas provinsi dan kabupaten/kota yang terkait, membuat gelaran Gowes Pesona Nusantara yang sudah dihelatkan sejak 14 Mei 2017 lalu.

Wilayah Garut merupakan salah satu tempat terpilih lintasan event akbar ini. Sebelumnya kegiatan tersebut sudah lebih dulu diadakan di berbagai kota atau kabupaten di seluruh Nusantara dengan melibatkan 15 atlit Nasional yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 perempuan.

“Adapun sepeda dipilih masuk dalam rangkaian gerakan “Ayo Olahraga” karena sudah tidak asing dan masih digunakan banyak masyarakat di Indonesia sebagai alat transportasi sekaligus sarana berolahraga. Selain itu, dengan bersepeda, dapat mempersatukan masyarakat,”ungkap Agus. (yef)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here