Genjot Wisatawan, Ciamis Gagas Aplikasi Jamparing

0

Ciamis, Voiceofjabar.com – Untuk memudahkan wisatawan dalam mengakses pariwisata di Kabupaten Ciamis, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis akan membuat aplikasi Jaringan Masyarakat pariwisata dan Informasi Galuh (Jamparing) yang bisa diunduh melalui Playstore.

“Di dalam aplikasi tersebut memuat beragam informasi destinasi wisata, kuliner, tour guide, akselerasi wisata, kalender ivent, tempat penginapan dan masih banyak yang lainnya,” ucap Ginanjar Rahayu selaku Kasi Promosi dan pengembangan Pariwisata Dispar Kabupaten Ciamis, usai Sosialisasi Jamparing dan Pengembangan Ekonomi Kreatif, di Ciamis, Rabu (11/9/19).

Namun, kata dia, aplikasi Jamparing masih dalam tahap pengembangan, karena perlu memasukan data yang akurat, masih banyak data-data yang harus dimasukan, supaya informasi destinasi wisata yang ada di aplikasi itu bisa lebih akurat.

“Pembuatan aplikasi Jamparing tersebut merupakan teroboson kemajuan pariwisata di era digitalisasi, mudah-mudahan ketika lahirnya aplikasi Jamparing bisa mengdongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis, insyalloh secepatnya kita akan launching,” ungkapnya.

Sementara Kasi Ekonomi Kreatif, Tien Karitini memaparkan adanya dukungan aplikasi tersebut secara tak langsung berkaitan dengan promosi destinasi wisata plus apa pun yang ada di dalamnya. Misal pelaku usaha seperti pemilik restoran, pelaku usaha kuliner harus bisa menyajikan makanan dengan baik dan higienis untuk para wisatawan.

“Selain itu menjaga keramahan, penampilan seperti berpakaian yang bersih rapih merupakan modal utama dalam melayani konsumen wisatawan yang datang ke Ciamis,” tuturnya.

“Pelaku usaha makanan bisa lebih maju, nyaman, indah, apalagi ada pengunjung, enak makanannya, menunya bagus, pelayanannya bagus, sehingga pengunjung pun akan lebih sering berkunjung,” harapnya. (far)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here