Gempa Tasik, Dompet Dhuafa Jabar Terjunkan Relawan

0

BANDUNG, Voiceofjabar.com – Dompet Dhuafa Jabar menerjunkan tim relawan menyusul gempa 7,3 SR yang melanda Tasikmalaya dan beberapa wilayah di Jawa Barat pada Jumat malam (15/12).

“Kami terjunkan relawan di Tasik dan Garut. Para relawan respon langsung guna membantu para warga terdampak,” terang Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Udhi Tri Kurniawan di Bandung, Sabtu (16/12).

Tim relawan juga merespon dengan melakukan pemantauan dan pendataan untuk rencana aksi berikutnya. Tim berkoordinasi dengan masyarakat dan relawan lokal.

“Hasil pantauan tersebut akan menjadi data untuk pertimbangan aksi dan bantuan apa saja yang akan kami berikan kepada warga terdampak, ujar Udhi.

Berdasarkan data Pusdalops PB. BPBD Kota Tasikmalaya, Gempa yang berpusat di 43 Km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat ini mengakibatkan beberapa rumah dan bangunan rusak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya menyebut 17 rumah yang mengalami rusak berat berada di wilayah Jawa Barat. Satu orang juga tercatat meninggal dunia akibat gempa.

“Di wilayah Jawa Barat adalah 1 orang meninggal dunia, 6 orang luka-luka, 17 rumah rusak berat, 59 rumah rusak sedang, dan 10 rumah rusak ringan,” lanjutnya.

BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan dini Tsunami. Namun 2 jam setelah gempa peringatan itu resmi diakhiri. (gi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here