Efek Macet Cisomang, Bupati Dedi Lakukan Aksi Solidaritas

0
foto: humaspurwakarta

Purwakarta, Voiceofjabar.com – Kemacetan mengular di sepanjang jalan arteri Kabupaten Purwakarta akibat perbaikan jembatan tol Cisomang KM 100-800 tol Cipularang. Bahkan kemacetan pun merembet hingga ke pusat kota. Atas kejadian  itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengambil inisiatif memberikan fasilitas rest area bagi pengendara yang melintasi kawasan tersebut. Salah satu kantor pemerintah daerah yakni Kecamatan Sukatani di Purwakarta dipersilahkan oleh Dedi untuk dijadikan tempat istirahat melepas lelah.

Hal itu dilakukannya sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan dan mengurangi beban kelelahan yang diderita oleh pengguna jalan. Selain menyediakan rest area beserta makanan ringan, Dedi beserta jajaran pegawai Ssetda Purwakarta juga ikut turun ke jalan membagikan snack secara langsung kepada para pengendara yang sedang antri menunggu kemacetan terurai.

“Saya pernah mengalami kondisi seperti ini, meskipun diam, kalau dalam kondisi macet pasti rasanya lelah, waktu terbuang, timbul stres, sementara bagi sopir angkutan umum pasti penumpang sepi, bagi sopir truk uang jalan pas-pasan bahkan pasti kurang. Ini bentuk empati kami. Hari ini kami bagikan 5.000 paket snack hingga hari-hari ke depan sampai kondisi ini membaik,” kata Dedi saat ditemui salah satu ruas Jalan Purwakarta – Padalarang sambil membagikan snack, melansir humaspurwakarta.com.

Bukan hanya snack dan air mineral, halaman kantor Pemerintah yang berlokasi di ruas jalan yang terimbas kemacetan pun siap digunakan sebagai rest area gratis bagi pengguna kendaraan yang mengalami kelelahan. Berdasarkan pantauan, Kantor Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu yang terletak di ruas Jalan Veteran Purwakarta sudah memasang papan pengumuman yang memberitahukan kesiapan kantornya tersebut. Aksi itu sendiri dipimpin langsung oleh Kepala BPMPTSP, Iyus Permana.

Masyarakat pun tak luput dari imbauan Bupati Dedi. Ia meminta kesadaran dan keikhlasan masyarakat untuk membantu pengguna jalan yang mengalami kemacetan di ruas-ruas jalan Kabupaten Purwakarta.

“Bukan hanya pegawai, masyarakat pun saya lihat sudah banyak yang membantu, buat anggota masyarakat yang lain saya imbau turut membantu juga,” tambah Dedi.

Sistem buka – tutup sampai berita ini ditulis masih diberlakukan di ruas jalan arteri Purwakarta untuk kendaraan besar, sementara kendaraan kecil arusnya dialihkan menuju kawasan kota di Kabupaten Purwakarta. Para petugas dari Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta dibantu petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP masih terlihat turut serta mengatur lalu lintas dengan sistem buka-tutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here