DPRD Jabar Sambut Baik Kajian Perda Lansia

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mengkaji pembuatan Perda Lansia. Pengkajian tersebut dipandang perlu untuk membantu beban biaya warga yang sudah lanjut usia dalam pemeriksaan kesehatan.

“Tahun 2019 ini kita kaji (Perda), kalau berhasil nanti di 2020 ada pertolongan-pertolongan, salah satunya kita gratiskan pelayanan-pelayanan kepada lansia,” ungkap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil belum lama ini.

Kajian itu mendapat respon positif dari pihak legislator. Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan Perda khusus Lansia sangat dibutuhkan. Ia berharap perda ini bisa berdiri sendiri seperti perda disabilitas. Sehingga fokus pelayanan terhadap para lanjut usia dapat terpenuhi secara maksimal.

Diketahui selama ini, urusan layanan kesehatan lansia diatur dalam Perda Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan. Di dalamnya terdapat pasal yang mengatur lansia dan balita.

“Bukan berarti Pemprov dan DPRD, belum pernah membahas tentang dukungan kepada Lansia. Tapi bila ada Perda khusus tentang Lansia, itu lebih bagus. Perda tentang disabilitas kan sudah ada,” katanya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here