DPRD Jabar Pantau Langsung Ujian Nasional di Beberapa Titik

0

Sumedang, Voiceofjabar.com – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari didampingi Sekretaris DPRD Daud Achmad dan Kepala Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi Memantau Langsung Pelaksanaan UNBK Di SMAN 1 Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa, (10/04).

Kata Ineu, pantauan secara langsung dilapangan sangat perlu untuk meminimalisir berkaitan dengan isu yang merebak tentang isu kebocoran soal yang terjadi menjelang pelaksanaan unbk. hal itu tentu meresahkan semua pihak lantaran seolah-olah tidak ada pengawasan dari dewan.

“Kami meninjau satu sampel saja sekolah bagaimana pelaksanaan unbk yang sedang berlangsung ini,” ujarnya.

Bukan hanya di sumedang saja, lanjut Ineu, kegiatan peninjauan pelaksanaan unbk ini pun dilakukan Komisi V DPRD Jawa Barat di daerah Cianjur dan di beberapa daerah lainnya.

Selain itu, pantauan langsung tersebut juga untuk mengetahui sejauh mana kendala yang dihadapi dalam setiap pelaksanaan UNBK.

“Dengan begitu, kami dapat mengetahui persoalan yang dihadapi untuk dijadikan bahan evaluasi pada pelaksanaan unbk di tahun berikutnya,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi menyebutkan, pelaksanaan UNBK tahun ini diikuti 1530 sekolah dengan jumlah peserta ujian sebanyak 213.013 peserta didik.

Secara umum pelaksanaan UNBK berlangsung dengan lancar. Upaya koordinasi dengan instansi PLN dan Telkom dilakukan untuk mengurangi resiko kendala dilapangan saat pelaksanaan UNBK.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti karena sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait,” singkat hadadi.

Di tanya soal kebocoran soal, Ahmad menuturkan sudah dalam penelusuran dan penyelidikan terhadap penyebar isu tersebut. Pasalnya hingga saat ini belum ada temuan atau fakta dilapangan tentang kebocoran soal.

“Proses penyelidikan dari kepolisian sedang berlangsung, jadi hingga saat ini belum ada fakta tentang kebocoran soal itu,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk SMA terdapat 1.530 Sekolah yang menyelenggarakan di Provinsi Jawa Barat dengan Jumlah Peserta 213.078 Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Sedangkan untuk ujian nasional Madrasah Aliyah (MA) berjumlah 67.339 siswa dari 1.118 sekolah dan paket C diikuti 43.081 siswa.

UNBK diselenggarakan hingga 12 April 2018. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here