DPRD Jabar: Lonjakan Harga Harus Diimbangi dengan Stok Barang

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Kendati harga kebutuhan pokok di pasaran memasuki bulan suci ramadhan tahun ini masih relatif stabil, DPRD Jawa Barat berharap agar stabilitas harga tersebut tetap terjaga hingga memasuki lebaran.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan bahwa perbedaan harga dimungkinkan terjadi yang tiap pasar yang berbeda.  Sejauh ini, berdasarkan sidak dua minggu lalu bersama Polda Jabar, harga-harga masih berada di titik aman. Namun demikian, perbedaan harga tersebut juga harus diimbangi oleh stok barang yang memadai agar di saat permintaan meningkat, stok barang tersedia.

“Sejauh ini harga sayuran stabil, harga daging stabil. Ini harus dijaga mudah-mudahan sampai lebaran nanti. Karena barang naik harga Rp2000 saja sudah agak berat bagi konsumen. Jika pasokan cukup ,”ungkapnya kepada voiceofjabar.com di ruang kerjanya.

Yang terpenting lagi, jelas Ineu, para pelaku bisnis agar menghindari penimbunan bahan kebutuhan pokok selama bulan puasa. Sebab akan berdampak pada kenaikan harga barang. Pihak DPRD sendiri akan terus memantau harga-harga di pasaran hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kita berharap tidak ada penimbunan, jangan sampai ada yang dirugikan meski bukan mustahil ada kenaikan harga sebab permintaan akan semakin banyak. Semua masyarakat harus diuntungkan. Jadi, mari sambut ramadhan ini dengan penuh suka cita,”katanya.

Sisi lain, kata Teh Ineu, permasalahan distribusi masih menjadi soal utama. Pasalnya kenaikan harga disebabkan oleh lambatnya distribusi. “Harus ada pemetaan produksi di daerah agar lebih mudah,”katanya.

Melansir beberapa sumber, berbagai barang pokok masih berada di atas harga acuan. Harga bawang putih misalnya, saat ini masih Rp 36.000 per kilogram (kg) sementara batas harga tertinggi Rp 30.000 per kg.

Harga bawang merah Rp 35.000 per kg. Begitu pula dengan harga cabai yang masih tinggi yaitu cabai merah keriting Rp 39.000 per kg, cabai rawit hijau Rp 33.000 per kg, cabai rawit merah Rp 40.900 per kg, dan cabai merah besar Rp 59.000 per kg.

Harga daging ayam di pasar saat ini sebesar Rp 34.000 per kg. Sementara harga telur ayam Rp 24.000 per kg, harga gula pasir di pasar sebesar Rp 13.200 per kg dan harga minyak goreng curah Rp 12.500 per kg. (ty)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here