DPRD Jabar Dipandang Mapan & Matang

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD melakukan wawancara khusus dengan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Tujuan wawancara itu ialah untuk menghimpun data serta merumuskan indikator mengenai evaluasi kinerja seluruh DPRD di seluruh Indonesia, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sehingga dapat menentukan barometer percontohan DPRD.

DPRD Jabar dan DPRD Kota Cimahi menjadi pilihan Kemendagri karena dipandang sebagai lembaga legislatif yang memenuhi indikator percontohan tersebut. Selain di Jabar, Kemendagri juga memilih lembaga perwakilan di Sumatera dan Kalimantan.

“DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Cimahi sebagai sampel dikarenakan keduanya termasuk lembaga perwakilan rakyat yang cukup matang dan mapan,”ungkap Kasubdit Wilayah III Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kementerian Dalam Negeri Ramoth Sitompul, di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat.

Hasil wawancara tersebut, kata dia, akan masuk dalam kajian khusus sebagai rumusan penting dalam menentukan poin-poin matang terkait kriteria kinerja lembaga perwakilan di seluruh tanah air.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) R Yunanadar Eka Perwira mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri guna memperoleh barometer kualitas lembaga DPRD.

“Saya melihat ini satu hal yang sangat positif karena memang sebaiknya DPRD pun seperti eksekutif itu ada satu ukuran yang standar bagaimana sesungguhnya DPRD yang baik atau anggota DPRD yang baik jadi menurut saya tidak melihat kinerja DPRD nya sebagai kelembagaan itu juga harus ada kinerja perseorangan karna bagaimanapun juga anggota DPRD dipilih perseorangan bukan dipilih satu group yang besar karna masyarakat akan melihat secara pribadi-pribadi,”ucap Yunandar. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here