Dongkrak Komoditi Lokal, Pemkab Tasik Ingin Kerjasama dengan Negara Oman

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Dalam rangka mendongkrak produk lokal, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berencana akan menjalin kerjasama dengan Kesultanan Oman.

“Terkait kerjasama dengan negara Oman itu baru dibahas garis besarnya. Secara teknisnya belum. Ini baru tingkat pimpinan kita sudah ada komunikasi dengan negara Oman,”kata Kepala Dinas Pertanian Kabupten Tasikmalaya, Muhammad Zen kepada voiceofjabar belum lama ini.

Dijelaskan Zen bahwa kerjasama tersebut difokuskan pada peningkatan citra dan kualitas komoditi unggulan lokal yang dipandang bagus dan layak go internasional. Salah satunya produk Teh Putih Taraju. Produk ini, jelas dia, sangat berkualitas. Tidak hanya nikmat di lidah namun juga menyehatkan. Lebih jauhnya, memiliki nilai ekonomi tinggi bagi petani teh.

“Kelebihan teh putih itu memiliki nilai ekonomi tinggi bagi petani. Kemudian untuk konsumen bisa menjadi kesehatan. Untuk para pengusahanya juga bisa menembus pasar-pasar yang lebih luas karena tidak semua daerah menghasilkan teh seperti ini,”jelasnya.

“Para petani teh putih di Tasikmalaya sudah banyak dan itu bisa dilihat dulu dari lapangannya untuk sementara produksi teh putih (white tea) yang paling bagus kualitasnya ada di daerah Taraju Kabupaten Tasikmalaya,”tambahnya.

Teh Putih ini, sambung Zen, sudah menembus pasar nasional. Bahkan dalam waktu dekat, produk ini akan disuguhkan dalam beberapa event seperti di pameran ekonomi di Jakarta, Jeddah Arab Saudi dan Jepang.

Selain teh putih, komoditi unggulan lainnya seperti kopi dan beras organik juga akan dikerjasamakan dengan Negara Oman. (jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here