Dituding Korupsi, Ketua Koperasi Tunas Husada Membantah

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Ketua Koperasi Tunas Husada Politeknik Kesehatan Tasikmalaya, Hj. Atit Tajmiati membantah keras semua tuduhan terkait adanya korupsi di koperasi binaannya. Menurutnya, setiap bulan pencatatan koperasi lengkap dan tak ada yang disembunyikan.

“Semua anggota menandatangani. Tidak ada istilah selingkuh anggaran. Tiap bulan selalu ada pemeriksaan” ungkapnya kepada wartawan belum lama ini.

Ia menilai salah besar jika ada perputaran uang miliaran di dalamnya. Apalagi sampai diselewengkan. Menurutnya, hal itu sangat tak masuk akal. Sebab, kata dia, di Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2015 saja, Koperasi Tunas Husada hanya membukukan aset sebesar Rp593.522.110juta. Sementara laporan tahun 2016 sedang disusun.

“Jadi, miliaran dari mana,”ucapnya mempertanyakan.

Namun ia tidak menutup mata perihal adanya penyalahgunaan dana koperasi oleh salah seorang anggota. Ia meminjam uang sebesar Rp96juta dan tidak mengembalikan. Setelah dimintai pertanggungjawaban, kata dia, yang bersangkutan tidak menyanggupi.

“Ya sudah akhirnya saya lunasi saja pakai uang pribadi saya. Kita sepakati saja dia nyicil ke saya secara individu,”ujarnya.

Ditanya terkait pengalihan pinjaman anggota ke koperasi yang justru kabarnya dilimpahkan ke bank, ia pun membantahnya. Ia menegaskan pihaknya tidak pernah menyuruh anggota pinjam duit ke bank. Kecuali jika besaran pinjamannya terlalu besar.

“Tidak ada rekomendasi ke bank. Gini,  aturan minjem di koperasi itu harus tiga kali pinjaman. Banyak anggota yang pinjem uang ke koperasi dalam jumlah besar. Sementara uangnya tidak ada. Jalan terakhirnya, ya ke bank.

Kami dipercaya oleh salah satu bank. Maka silahkan meminjamnya ke bank. Kalau setoran ke bank macet, pihak bank nagihnya ke koperasi juga, gitu,”terangnya. (tys)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here