Disdik Kab Tasik Hidupkan Kebudayaan Khas Tasik yang Terlupakan

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Tasikmalaya menyimpan ragam kebudayaan yang masih tersembunyi. Akan halnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya berupaya membangkitkan kembali spirit kebudayaan sebagai kearifan lokal yang sudah terlupakan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana mengatakan ada banyak jenis kebudayaan khas Tasik yang sama sekali luput dari perhatian. Di antaranya kesenian Pagerageungan, Angklung Seret Mangunreja, Angklung Betot Manonjaya dan Tarawangsaan khas Cibalong.

“Saya melihat hari ini kebudayaan sudah terlupakan. Padahal Kabupaten Tasikmalaya yang luas ini ternyata banyak kesenian trasisional khas tasikmalaya yamg terlupakan. Saya ingin menghidupkan kembali. Jangan sampai seperti dulu Reog diaku Malaysia. Saya khawatir angklung, yang namanya klung klungan itu bisa diambil mungkin oleh Thailand atau Vietnam misalnya,”katanya kepada Voiceofjabar belum lama ini.

Ia menilai peraturan kebudayaan, berupa undang-undnag No 5 tentang pemajuan kebudayaan sudah sangat baik sebagai payung hukum yang jelas dalam menaungi urusan kebudayaan.

Ssjauh ini, pihak dinas sendiri telah melakukan sosialisasi ke sanggar-sanggar, ke sekolah agar kebudayaan yang telah redup ini didketahu banyak pihak sehingga semua pihak tergerak untuk menghidupkannya kembali.

“Makanya saya mengajak kepada masyarakat mari kita hidupkan kembali kebudayaan kita. Kita sudah sosialisasi ke sanggar seni, sekolah, UPT supaya diingatkan bahwa ini urusan kebudayaan ini sudah diatur dalam undang-undang. Berarti daerah harus serius menangani kebudayaan ini,”ajaknya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here