Di Turki, Ribuan Pengguna Medsos Diciduk

0

Turki, VoiceOfJabar.com – Ribuan pengguna medsos di Turki diciduk. Sebab mereka kerap melayangkan kritik pedas terhadap pemerintah melalui jejaring dunia maya.

Tindakan itu dilakukan pasca kudeta yang gagal bulan Juli, dan ribuan ditahan karena tuduhan hubungan dengan organisasi terlarang.

Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan pihak berwenang telah dengan resmi menangkap 1.656 orang dalam enam bulan ini karena dituduh mendukung organsasi teroris atau menghina para pejabat melalui media sosial, dan sedang menyelidiki sedikitnya 10 ribu lainnya.

Dalam pernyataan hari Sabtu (24/12), kementerian itu mengatakan tindakan hukum telah diambil terhadap 3.710 orang yang nama-nama mereka disebut oleh polisi. Di samping orang-orang yang ditangkap, 1.203 orang dibebaskan dengan percobaan, 767 dibebaskan dan 84 lainnya masih ditahan.

Di samping itu, penyelidikan dan prosedur hukum sedang dilakukan terhadap 10 ribu orang lainnya, yang dilaporkan kepada kejaksaan.

Turki telah menindak para pengeritik pemerintah setelah kudeta yang gagal bulan Juli, dan ribuan ditahan karena tuduhan hubungan dengan organisasi terlarang.

Pihak berwenang juga sering membatasi akses ke media social untuk mencegah penyebaran bahan yang dianggap pihak berwenang akan merusak keamanan umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here