Di Malaysia, Pakai Knalpot Bising Didenda Rp352 juta

0

Malaysia, Voiceofjabar.com – Knalpot bising dianggap memperkeruh kenyamanan di jalanan Malaysia. Pemerintah Malaysia pun segera mengambil kebijakan tegas akan hal ini melalui aparat penegak pihak Polis Diraja Malaysia.

Dilansir laman liputan6.com, sanksi tersebut memang tidak tanggung-tanggung. Seluruh pengendara baik roda dua maupun roda empat yang kedapatan memakai knalpot racing diganjar denda sebesar RM100.000 atau sekitar Rp352 juta. Atau penjara selama maksimal 5 tahun. Bahkan bisa dikenakan sanksi kedua-duanya.

Namun ketentuan itu hanya berlaku bagi pengendara yang menggunakan knalpot dengan volume suara di atas ambang batas yang ditentukan yaitu maksimal 75db.

Selain bising, knalpot racing juga dianggap memancing polusi sehingga mencemari udara. Maka dari itu, dalam penerapan aturan tersebut Pemerintah Malaysia melibatkan lembaga Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

Tim teknis dari kementerian dan Polis Malaysia akan berloborasi merazia knalpot bising di jalanan. Operasi tersebut dinamakan Operasi Samseng Jalanan.

Upaya pemberantasan knalpot bising di Malaysia itu mengacu pada Pasal 23 Undang-Undang Mutu Lingkungan 1974.

“Sementara sepeda motor modifikasi yang disita biasanya dikembalikan ke keluarga pelanggar. Kami biasanya menyarankan anggota keluarga pelaku untuk mengembalikan sepeda ke spesifikasi aslinya,” kata Wakil Direktur Kepolisian Malaysia, Inspektur Mustafa Bakri Salleh. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here