Demi Marwah Partai, Golkar Jabar Larang Keras Poligami bagi Caleg

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Sejak tanggal 01 Mei 2017 lalu, Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Barat membuka lebar peluang bagi siapa saja yang berminat jadi calon legislatif. Namun ada syaratnya. Salah satu syarat yang ditetapkan Golkar adalah larangan poligami bagi pendaftar.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi menegaskan bahwa jika hendak menjadi wakil rakyat melalui partai yang dipimpinnya harus bersih dari dua isteri. Lebih dari itu, termaktub dalam Pakta Integritas yang berisi komitmen untuk tidak memiliki istri lagi saat terpilih menjadi anggota DPRD.

“Syarat ini kami berlakukan karena banyak orang yang sudah jadi anggota dewan itu menceraikan istrinya dan menikah lagi dengan wanita lain. Kalau pun mau tambah istri ya silakan ikuti prosedur, ada surat izin resmi dari istri pertama dan KUA. Ini mah untuk pencegahan saja,” jelas Dedi, di Kantor DPD Partai Golkar Jawa Barat,  Kota Bandung, Rabu (3/4).

Di luar itu, terdapat sederet syarat lainnya. Di antaranya calon pendaftar harus bersih dari narkoba, tidak memiliki bisnis illegal, tidak memiliki kelainan orientasi seksual seperti gay, lesbi, transgender.

“Ini harus diberlakukan demi  menjaga marwah partai. Ini semua di luar syarat yang berlaku, tapi harus dipenuhi,”tandas Dedi.

Dedi pun mengurai bahwa sebelum daftar jadi caleg Golkar, peserta diwajibkan menjadi anggota Partai Golkar dan setelahnya akan menempuh proses analisis popularitas dan elektabilitas di masing-masing daerah pemilihan. Beberapa lembaga survey telah digandeng Golkar dalam hal ini. (red)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here