Dekranasda Tasik Ajak Pengrajin Melek Teknologi

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tasikmalaya bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan sosialisasi promosi kerajinan daerah melalui pemanfaatan teknologi Informasi di Pendopo Lama, Rabu, (01/08).

Meski dilakukan bertahap, rencananya sosialisasi ini akan menyasar kepada seluruh industri kerajinan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Khususnya industri kerajinan di bawah binaan Dekranasda.

Ketua Dekranasda Kabupaten Tasik, Lina Marlina mengatakan pemanfaatan teknologi informasi seperti penggunaan website, aplikasi atau lapak online lainnya merupakan cara tepat bagi para industri kerajinan untuk menumbuhkembangkan bisnisnya dewasa ini.

“Tidak semua pengrajin binaan Dekranasda melek teknologi. Oleh karena itu Dekranasda dengan Kominfo melakukan kerjasama agar para pengrajin bisa menampilkan karya-karya di pentas dunia. Tidak hanya dipajang di toko atau ngandelin promosi dari pemerintah lewat pameran tapi harus dionlinekan. Kita bisa buka toko di rumah di laptop, hp sambil jualan,”terangnya di sela sosialisasi.

Ia berharap pelatihan teknologi informasi membawa dampak positif bagi para industri kecil untuk mendongkrak omset tiap bulannya. Meski demikian, ia juga meminta para industri kecil untuk mengutamakan kualitas produk yang akan dipasarkan, di samping kemasan yang menarik.

“Boleh kita berjualan secara online tapi kualitas juga harus diutamakan. Harus punya ciri khas. Jangan sampai produk kita sama persis dengan orang lain. Harus ada pembeda,”katanya.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi dan Statistik, Abdul Naseh mengatakan sosialisasi dan pelatihan tersebut berupa pengenalan dan tata cara memasarkan produk lewat website. Atas dasar itu, para pengrajin dianjurkan memiliki website sendiri sebagai wadah promosi.

“Jadi nantinya website-website para pengrajin itu akan menjadi subdomain website www.dekranasda.pemkabtasikmalaya.go.id. Jadi masih satu kesatuan dengan website Pemkab Tasikmalaya,”katanya.

“Semua produk yang sudah diinput ke website masing-masing dengan sendirinya akan terkoneksi dengan kedua website tersebut dan secara otomatis juga terintegrasi dengan provinsi dan pusat,”tambahnya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here