Deklarasi di Pendopo Lama, Pasangan AA Bogor Ingin Hidupkan Spirit Raden Ipik Gandamanah

1

Bogor, Voiceofjabar.com – Pasangan Ade Wardhana Adinata dan H. Asep Ruhiyat atau AA Bogor mendeklarasikan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Bogor di rumah sejarah Bupati Bogor pertama di Kampung Malasari Desa Malasari Kecamatan Nanggung, Bogor Barat, Jumat, (24/11).

Bakal Calon Bupati Bogor Ade Wardhana mengungkapkan alasan mengapa deklarasi dilakukan di pendopo lama tersebut. Menurutnya rumah legendaris itu memiliki jejak sejarah yang sangat berarti bagi berdirinya Kabupaten Bogor.

Hal mana, pendopo tersebut merupakan cikal bakal perjuangan Bupati Bogor pertama, Rd Ipik Gandamanah pada tahun 1948 silam dalam membangun Kabupaten Bogor. Bupati yang hidup di era agresi militer Belanda II itu dipandang sebagai sosok panutan yang seluruh hidupnya dihabiskan demi memperjuangkan rakyat Kabupaten Bogor kala itu.

“Menurut kami pendopo Bupati Bogor pertama ini memiliki nilai historis yang sangat mendalam. Selain menjadi pusat pemerintahan saat itu, spirit Bupati Ipik Gandamanah patut kita teruskan dalam membangun Kabupaten Bogor,”terangnya kepada wartawan usai deklarasi.

“Kami sengaja menyelenggarakan di sini agar masyarakat tahu bahwa kondisi Bogor hari ini tidak lagi sesuai dengan cita-cita awal para pendahulunya,”tambahnya.

Pendopo Bupati Bogor pertama Rd. Ipik Gandamanah di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor

Oleh karena itu, kata Ade, ia dan wakilnya Asep Ruhiyat akan berupaya mengembalikan dan memperbaiki cita-cita tersebut agar Kabupaten Bogor ke depan lebih tertata, berkemajuan dan sesuai dengan harapan masyarakat. Di matanya, banyak fenomena buruk di Kabupaten Bogor akibat pemeritahnya tidak maksimal dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Baik di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lainnya. Kami hanya ingin mengingatkan betapa para pendahulu kita berjuang mengorbankan tenaga, pikiran. Semuanya dicurahkan demi kemakmuran rakyat Kabupaten Bogor,”tandasnya.

“Hari ini dengan sumber daya yang dimiliki, Kabupaten Bogor masih jauh tertinggal jauh dari kabupaten kota lain. Mulai sekarang ayo kita bahu membahu membangun Kabupaten Bogor menjadi lebih baik sesuai dengan amanat para pendahulu kita,”paparnya. (red)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here