Dari Ciamis, Hukuman bagi PNS Pelaku Pungli Belum Jelas

0

Ciamis, Voiceofjabar.com – Hingga kini belum ada kejelasan hukum bagi PNS pelaku pungutan liar yang ditangkap dalam  Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli, Polres Kabupaten Ciamis. Baik pelaku yang diciduk di instansi Dinas Perhubungan (Dishub) maupun  di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ciamis.

Kapolres Ciamis melalui Paur Humas , IPTU Iis Yeni Widaningsih mengatakan Porles Ciamis sudah melakukan penyelidikan. Bahkan sejak  penangkapan hari Selasa 28 Februari 2017 lalu.

Selain melakukan pemeriksaan pelaku, mengamankan sejumlah barang bukti, juga mendalami masalah tersebut masuknya ke ranah hukum apa. Apakah ranah hukum korupsi atau ranah hukum yang lainnya sekarang masih dilidik.

“Serta berkas masalah ini sudah dilimpahkan kepada pihak Inspektorat untuk ikut mengkaji kebenaranya,”katanya kepada VOJ.

Terpisah, Sekertaris Inspektorat Kabupaten Ciamis Dadang Mulyatna menandaskan  akan terus mengkaji hingga tuntas. Agar terbuka sanksi apa yang harus diberikan kepada pelaku agar jera.

“Pihak inspektorat akan kaji dan menangani masalah ini, berkas dari kepolisiannya juga baru kami terima minggu-minggu kemaren. Saya akan dalami dan ditindak meski pihak kami sudah mendapatkan surat keterangan dari Kepala Dishub bahwa itu bukan Pungli, tetapi kami tidak akan percaya begitu saja,”katanya.

“Jika mereka bersalah kami akan berikan sanksi terhadap pegawai yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT). Apa lagi ada yang bersetatus Pegawai Negeri Sipil (PNS),”tandasnya.

“Kalau sudah terbukti dan selesai pemeriksaan pasti diberikan sangsi entah itu sanksi berat atau ringan, bisa saja PNS tersebut diberi sanksi berat seperti dikeluarkan secara tidak hormat,”jelas Yoyo Sutaryo, Kepala Bidang Penilaian Kinerja dan Pembinaan Disiplin Apalatur ikut menambahkan. (her)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here