CR7 Tampil Gemilang di Tengah Beban Kasus

0

Voiceofjabar.com – CRISTIANO Ronaldo seakan tak pernah bosan membuat rekor. Kapten tim nasional Portugal tersebut baru saja menggoreskan rekor anyar setelah mencetak tiga gol ke gawang Spanyol pada laga Grup B Piala Dunia 2018 yang berkesudahan 3-3 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu 16 Juni 2018 dini hari WIB.

Di tengah beban akibat vonis 2 tahun percobaan penjara terkait kasus pajaknya, Ronaldo tetap tampil prima. Dia juga seakan menjawab keraguan banyak orang atas performanya seiring pertambahan usia.

Gol tersebut membuahkan deretan catatan istimewa bagi Ronaldo. Apalagi selama ini sederet prestasi yang ia ukir memang belum lengkap tanpa rekor di ajang piala dunia.
Seperti diketahui, Ronaldo memang menjadi langganan predikat pemain terbaik dunia bersama Lione Messi dalam sepuluh tahun terakhir.

Namun rekor tak sekalipun striker Real Madrid ini menyabet gelar pemain terbaik ataupun pencetak gol terbanyak piala dunia.

Hattrick ke gawang Spanyol kini membuat Ronaldo sementara ini menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2018. Catatan tiga golnya bersaing ketat dengan dua  gol pemain Rusia Denis Cheryshev dan striker tim matador Diego Costa.

Tak hanya itu, tiga gol Ronaldo menyelamatkan Portugal dari kekalahan dan menjaga peluang lolos ke fase gugur. Capaian yang tentunya cukup memuaskan karena sebelumnya Portugal gagal lolos dari fase grup setelah hanya menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup G Piala Dunia Brasil 2014.

Selain itu, hattrick tersebut menorehkan sejumlah rekor baru dan mendekatkan Ronaldo dengan sejumlah rekor lain di Piala Dunia.

Berikut rekor-rekor tersebut:
1. Empat Piala Dunia
Ronaldo kini menyejajarkan diri dengan  Uwe Seeler (Jerman), Pele (Brasil), dan Miroslav Klose (Jerman) sebagai pemain yang mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia berturut-turut. Sebelumnya, Ronaldo mencetak tiga gol dalam 13 laga pada tiga edisi Piala Dunia, yakni satu gol saat melawan Iran di Piala Dunia 2006, satu gol ke gawang Korea Utara Piala Dunia 2010 dan satu gol saat Portugal menang tipis 2-1 atas Ghana di Piala Dunia 2014.

2. Perdana Jebol Spanyol
Gol tersebut juga  memutus catatan buruk Ronaldo saat berhadapan dengan Spanyol. Sebelumnya, Ronaldo  terlibat empat kali dalam pertandingan resmi internasional Portugal melawan Spanyol. Dia dua kali bermain penuh, sekali diganti, dan sekali menjadi pemain pengganti dengan total durasi main 340 menit. Namun, pemain yang berjasa besar mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016 itu selalu mandul alias tak pernah mampu mencetak gol ke gawang El Matador.

3. Pencetak Hattrick Tertua
Ronaldo kini masuk daftar rekor pencetak hattrick tertua dalam sejarah piala dunia. Ia bersanding dengan pemain Swedia Tore Keller yang juga berusia 33 tahun saat mencetak hattrick ke gawang Kuba di Piala Dunia 1938.

4. Dekati Eusébio
Tambahan tiga gol ke gawang Spanyol membuat Ronaldo kini tercatat mengoleksi total 6 gol untuk Portugal di Piala Dunia. Ia menyalip Pauleta yang mencatat total 4 gol di posisi kedua pencetak gol Piala Dunia untuk Portugal dan berpeluang menyalip sang legenda Eusébio di posisi teratas dengan 9 gol.

5. Salip Messi
Tak pernah mencetak lebih satu gol dalam tiga piala dunia sebelumnya, Ronaldo sempat disalip sang rival abadi Lionel Messi yang mencetak 4 gol di Piala Dunia 2014 sehingga total La Pulga sudah mencetak 5 gol di ajang piala dunia. Kini, sementara Ronaldo kembali menyalip El Messiah dengan total 6 gol.

Sumber: Pikiran-Rakyat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here