Cegah Investasi Bodong, OJK Tasik Perkenalkan Satgas Waspada Investasi

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Dalam rangka mencegah maraknya investasi bodong, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya memperkenalkan program satuan tugas Waspada Investasi (WI).

Program tersebut menyasar para camat, lurah dan kepala desa se-Priangan Timur.  Diharapkan peran para pimpinan daerah di lapis bawah itu dapat memberi pengertian kepada warganya agar tak mudah tegiur oleh modus investasi yang tak jelas tertib administrasinya.

“Kalau yang tidak resmi nanti disampaikan supaya melapor kepada satgas Waspada Investasi. Dalam hal ini kepala OJK Tasikmalaya,”kata Kepala OJK Tasik, Iwan M Ridwan kepada media.

Satgas tersebut juga dikerjasamakan dengan instansi terkait seperti kepolisian, kejaksaan, kementerian agama dan Dinas Koperindag.

“Mudah-mudahan dengan ada kegiatan ini investasi yang marak menipu masyarakat bisa dicegah sejak dini, tujuannya itu,”tambahnya.

Ia mencontohkan keberadaan beberapa agen investasi yang terbukti beroperasi secara ilegal. Salah satunya Citra Multi Bisnis ( CMB ) yang bergerak dalam perhimpunan dana ilegal, lalu Koperasi Pandawa Group dan di wilayah Cirebon. Semuanya beroperasi ilegal. Masyarakat banyak tertipu.

“Nah jangan sampai seperti itu,”ujarnya.

Untuk kewenangan satgas sendiri, terang Iwan, mengklarifikasi setiap kegiatan atau transaksi bisnis yang ada. Memastikan juntrungannya. Kalau ada kegiatan bisnis yang teridentifikasi menyimpang, akan ditindaklanjuti segera.

Meski saat ini di Tasikmalaya belum ditemukan penyimpangan, jelas dia, namun para pemimpin daerah dan masyarakat diminta waspada dan jeli terhadap segala bentuk penawaran investasi dari pihak manapun.

“Harapan kami dengan di bentuknya Satgas Waspada Investasi ini di Kota Tasikmalaya kepada masyarakat secara umum melaporlah kepada tim satgas apabila ada penawaran kegiatan investasi yang di indikasikan ilegal,”pungkasnya. (jang)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here