Buruh di Kota Banjar Demo Bawa Pocong dan Bakar Kemenyan

0

Kota Banjar, Voiceofjabar.com – Puluhan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) kembali menggelar unjuk rasa lanjutan menuntut pembayaran upah kerja selama dirumahkan, Jumat siang, (12/05).

Hampir sudah tujuh minggu lamanya, upah buruh yang dirumahkan oleh PT Albasi Parahyangan Lestari (APL) Kota Banjar tidak dibayarkan. Demonstrab pun mempertanyakan nasib  300 buruh lainnya yang dinonaktifkan.

Selain berorasi di halaman pabrik, para buruh melakukan aksi bakar kemenyan dan menggelar adegan teatrikal dengan memboyong keranda mayat dan pocong-pocongan sebagai simbol kematian nurani pemilik perusahaan.

“Kami menuding pihak manajemen  tidak memiliki hati nurani dan buruh hanya dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan. Kami hanya inginkan keadilan, karena kami juga perlu biaya hidup,” tegas Kordinator aksi, Irwan Herwanto saat berorasi.

Ditandaskan Irwan bahwa para buruh tak menuntut banyak hal. Mereka hanya mencari keadilan kepada perusahaan, meminta kejelasan pembayaran upah selama dirumahkan secara sepihak.

Padahal nyatanya kontrak kerja mereka dengan perusahaan belum dinyatakan berakhir. Namun entah mengapa para buruh malah dirumahkan tanpa alasan yang jelas.

“Kami tidak menuntut banyak dari pihak manajemen, kita hanya meminta kejelasan, kapan hak-hak para buruh dibayarkan, mengingat 7 minggu upah belum dibayarkan,”tandasnya. (ton)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here