Bupati Tasik Himbau Warganya Segera Urus Akta Nikah dan Akta Kelahiran

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menghimbau warganya yang belum memiliki akta kelahiran dan akta nikah agar segera mengurusnya. Bupati mengaku khawatir jika tak diurus, akan banyak warganya yang kesulitan sendiri saat menghadapi moment penting. Seperti Umroh, anak sekolah, pembagian warisan dan lain-lain.

“Makanya jangan segan – segan untuk datang kepada RT/ RW dan kepala desa untuk membuat akta nikah dan akta kelahiran,”katanya belum lama ini.

Uu menilai masih banyak warganya yang belum memahami arti penting akta nikah dan akta kelahiran. Kedua, tidak menutup kemungkinan banyak warga yang memilih menikah agama karena dianggap simple dan halal 100%,  tidak dipusingkan dengan administrasi kompleks.

“Jadi harus punya prinsip kalau tidak memliki data pribadi secara kenegaraan, negara tidak bisa melindungi mereka.  Kalau mereka ingin dilindungi oleh negara harus memiliki data pribadi dan yang lainnya,”tandas Uu.

Sebagai solusi, Bupati Uu menegaskan bahwa pemerintah kabupaten Tasikmalaya berkolaborasi dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama untuk membuat program isbat nikah di seluruh kecamatan. Tujuannya agar semua warga diakui secara sah oleh negara.

“Kemudian kepada yang menikah belum dilegalkan secara negara, segera laporkan kepada negara. Karena kami kerjasama dengan pengadilan  akan membuat isbat nikah di berbagai tempat,”himbaunya lagi. (jang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here