BPK Pantau Desa, Bupati Uu Ingatkan Aparatur Desa Cerdas Kelola Program

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum meminta seluruh aparat pemerintahan desa di wilayahnya cerdas dalam mengelola kegiatan atau program desa. Sebab anggaran yang dikucurkan ke desa tidak sedikit.

“Dengan adanya Tahun Anggaran perubahan yang langsung masuk anggaran ke desa di Kabupaten Tasikmalaya jadi perlu ada kecerdasan di masing-masing birokrat tingkat desa dalam mengelola kegiatan,”tandas Uu usai menghadiri Desiminasi Perencanaan Pembangunan daerah, Selasa, (11/07).

Uu menandaskan tahun 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan menerapkan sistem e-planning atau e-budgeting guna mengantisipasi kebocoran anggaran.

“Artinya tidak ada program yang ujug-ujug atau tiba-tiba ada disaat pembahasan anggaran tetapi sesuai arahan KPK tidak bisa di otak-atik kalau sudah diputuskan karena sudah dipassword,”tandas Uu.

Oleh karena itu, ia berharap kegiatan Desiminasi Perencanaan Pembangunan Daerah tersebut dapat membuka wawasan para aparatur desa dalam pengelolaan keuangan desa. Sebab Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan terjun langsung mengawasi.

“Sebelum BPK masuk pada tahun anggaran yang akan datang maka kami beri pencerahan bapak-bapak bagaimana caranya membangun desa antara lain kami membuat program RPJMD dan lainnya tidak lepas dari visi misi provinsi itu dan nasional,”katanya.

Uu pun sempat mengutarakan keberhasilan program Gerbang Desa yang ia gulirkan di periode pertama pemerintahannya. Terlebih ditambah dengan subsidi pemerintah sekarang yang terus berlipat ganda. Uu menyebut pembangunan di desa-desa sudah membuahkan hasil.

“Sekarang desa dikasih subsidi oleh pemerintah daerah senilai 400 juta rupiah kalau dulu sekitar 150 juta. Itu sudah membuahkan hasil contoh sekarang jalan sekarang di Kabupaten Tasikmalaya 85% sudah di hotmix yang kedua irigasi itu sudah ribuan titik kami bangun dibuktikan dengan meningkatnya pertanian di Kabupaten Tasikmalaya,”tutupnya. (jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here