BPBD Kota Tasik: Kami sangat siap siaga terhadap bencana apapun

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan simulasi penanganan bencana di halan Bale Kota Tasikmalaya, Jumat (26/4/2019).

Dalam simulasi ini, BPBD menggambarkan, situasi sebenarnya dimana sedang terjadi bencana gempa bumi, dan kebakaran. Seluruh pegawai Bale Kota berhamburan menyelematkan diri. Beberapa terjebak di dalam gedung saat kebakaran terjadi.

“Kami gambarkan bagaimana terjadi bencana gempa dan bagaimana menanggulanginya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar di sela simulai, Jumat (26/4/2019).

Simulasi dalam rangkaian peringatan hari kesiapsiagaan bencana ini, lanjut Ucu, melibatkan sedikitnya 50 anggota gabungan dari berbagai unsur terkait. Seperti PMI, Dinas Kesehatan dan Pemadam kebakaran, termasuk organisasi pelajar.

Ucu menandaskan simulasi tersebut sebagai bukti bahwa BPBD ada dalam posis keadaan siap siaga menghadapi dan menangani bencana.

“Kami sangat siap siaga terhadap bencana apapun, sehingga saat penanganan kami lebih siap. Ini juga jadi sarana sosialisasi dan menjadi gambaran bagi masyarakat ketika terjadi bencana apa yang harus dilakukan,” katanya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here