BNN Jabar Musnahkan Ganja dan Sabu Jaringan Aceh

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat memusnahkan puluhan kilogram narkotika jenis ganja dan sabu narkotika  di Kawasan Gedebage, Bandung, Rabu, (16/08).

BNN Provinsi Jabar juga mengamankan beberapa pelaku yang merupakan pengedar jaringan Aceh. Pemusnahan barang bukti tersebut berdasarkan hasil pengungkapan jaringan narkotika di beberapa wilayah.

Kepala BNN Provinsi Jawa Barat, Brigjen Rusnadi menguraikan bahwa kedua jenis narkotika tersebut dikendalikan oleh R alias B alias Z asal Cirebon bekerjasama dengan dua kurir perempuan asal Jakarta berinisi RI dan AIY. Kedua wanita ini bertuga mengambil narkotika sabu dari wilayah Sumatera lalu menyeberangkannya melalui Pelabuhan Bakauheni, Merak.

“Setelah itu, estafet pengiriman dilanjutkan ke tangan UR dan KT yang sudah standby di pelabuhan. Kedua orang ini kemudian memasarkannya di wilayah Karawang. Dari tangannya, petugas mendapati sabu seberat 491,78 gram dan ganja seberat 4,68kg,”katanya kepada wartawan.

Selain itu, terdapat tersangka lain pengedar ganja jaringan Aceh berinisial AR. Orang ini mengambil barang haram tersebut dari Jakarta dan membawanya ke Cirebon untuk diedarkan. Dari tangannya, BNN menyita sebanyak 66,45kg ganja kering siap isap.

“Jadi totalnya sabu 491,78gram dan ganja 71,13 kg. Dengan memusnahkan narkotika dalam jumlah itu sama dengan menyelamatkan kurang lebih 563 ribu orang warga Jawa Barat dari bahaya narkotika. Asumsinya 1 gram ganja itu dipakai oleh 8 orang, 1 gram sabu oleh 6 orang,”terangnya.

BNN Provinsi Jawa Barat mencatat tersangka yang sudah diamankan hingga bulan Agustus ini sudah mencapai 60 orang dari seluruh perkara. Jumlah ini dua kali lipat lebih tinggi dibandung tahun lalu, 30 orang.

“Kita menargetkan menangkap pengedar. Kalau pemakai kan korban,”katanya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here