Beuuh…, Polwan Bening Hiasi Bibir Pantai Pangandaran

0

Pangandaran, VoiceOfJabar – Pasca diberlakukan aturan adanya polisi pantai oleh Kapolda Jabar Irjen. Pol. Anton Charlian, bibir pantai Pangandaran kian ramai dihiasi polisi pantai. Kehadiran polwan-polwan bening penjaga pantai seakan jadi pemandangan tambahan di tengah eksotisnya pantai selatan itu.

Mereka adalah polisi wanita dari Polres Ciamis yang ditugaskan menjaga pantai. Sebab, pantai Pangandaran kerap menelan korban terutama di masa libur sekolah. Mobilitas selama menjaga, para polwan ini hanya dibekali sepeda santai dengan memakai seragam khusus yang lebih rilex dan tak terkesan seperti polisi yang sedang bertugas.

“Sebetulnya kami memilih baju ini, karena simple tidak ribet. Karena tugas Polisi Pantai untuk mengamankan pengunjung dari kecelakaan laut. Inovasi ini diluncurkan khusus dari Polda Jabar beberapa minggu lalu,” ungkap Kapolsek Pangandaran, Kompol Suyadi, Sabtu (24/12/2016).

Menurut Kompol Suyadi, Polisi Pantai merupakan prakasa Kapolda Jabar yang baru, Irjen Pol Anton Charliyan, yang diberi kewajiban mengamankan wilayah pantai untuk mengantisipasi laka laut. Pantai Pangandaran salah satu tujuan wisata nasional. Setiap tahun saat libur panjang di pantai selatan ini kerap terjadi kecelakaan laut.

“Kenapa kita mengenakan pakaian santai tapi sopan, karena pada pelaksanaanya Polisi Pantai bermobilitas di pantai. Jika sewaktu-waktu ada kejadian laka laut, maka tidak ribet untuk membuka sepatu juga celana, penanganan pun cepat. Dan Inilah tujuan Polda Jabar membetuk Polisi Pantai,” imbuhnya.

Waka Polres Ciamis, Kompol Imam Rachman menambahkan, Polisi Pantai terdiri dari 20 orang personel. Masing-masing personel berbeda keahlian dan ketangkatasan. Polisi Pantai yang sudah memiliki baju dan bertugas saat ini, di Jawa Barat baru Polres Ciamis.

“Kemarin kita launching Polisi Pantai ini di Polres Ciamis. Maka, kinerja Polri untuk membuat rasa aman bagi masayarakat perlu adanya kinerja tambahan, karena kewajiban kami adalah mengayomi masyarakat,” tegasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here