Bawaslu Sukabumi Libatkan Pramuka Awasi Pemilu

0

Sukabumi, Voiceofjabar.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi menggandeng Kwartir Cabang Pramuka Kota Sukabumi untuk ikut mengawasi Pemilu 2019.

Bahkan Kwarcab Pramuka dan Bawaslu membentuk Saka Adhyasta Pemilu 2019.

“Sesuai tembusan Bawaslu Jawa Barat, kita bersama Kwartir Cabang Pramuka Kota Sukabumi mengawasi jalannya pemilu 2019,” ujar Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Sabtu (13/10).

Dijelaskannya, Saka Adhyasta Pemilu sebagai satuan karya bagi anggota pramuka untuk menanamkan rasa cinta tanah air. Hal itu termasuk menumbuhkan sikap hidup yang demokratis dengan berorientasi pengawasan dan penegakan hukum serta pencegahan pelanggaran pemilu.

“Saka Adhyasta Pemilu ini di bentuk sebagai wadah bagi anggota pramuka untuk dapat membumikan Dasa Dharma dan Trisatya, dalam kehidupan berdemokrasi yang berorientasi kepada pengawasan dan penegakan hukum serta pencegahan pelanggaran pemilu,” tutur Yasti.

Dirinya berharap pengukuhan Saka Adhyasta Pemilu, bisa meningkatkan keamanan, ketertiban, dan konduksifitas di Kota Sukabumi. Termasuk meminimalkan terjadinya pelanggaran melalui krida yang telah dibentuk.
“Mulai dari krida pengawasan, krida pencegahan, krida penanganan pelanggaran,” pungkasnya

Rmoljabar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here