Balap Karung Gaya Pinguin, Peserta “Nyungseb”

0
Balap karung anak di Kota Banjar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 (foto: AM)

KOTA BANJAR, voiceofjabar.com – Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73 tahun 2018. Dalam setiap perayaan HUT  RI, dimeriahkan oleh serangkaian lomba lomba. Salah satunya lomba balap karung. Umumnya, lomba ini dilakukan beberapa orang yang berjejer lalu masing-masing perserta wajib memakai karung beras lalu loncat gaya vampire menuju titik finish.

Pemandangan berbeda terlihat di lingkungan Tanjungsukur RT. 03 RW. 15 Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar-Jawa Barat. Balap karung wajib dilakukan sambil jongkok dan memakai helm.

Teknisnya, seluruh badan dibungkus karung hanya muka yang terlihat. Setelah peluit berbunyi, semua peserta mulai loncat adu kecepatan. Saking sulitnya mengendalikan kaki sebagai landasan pacu, beberapa peserta “nyungseb” (jatuh).

Sontak, lomba langka ini mengundang gelak tawa warga sekitar yang berkerumun. Panitia pelaksana perlombaan Saepul mengatakan, perlombaan ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilakukan oleh warga Tanjungsukur dalam Rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia.

“Balap karung anak ini sengaja didesain pake helm dan jongkok. Biar seru. Kalau dilihat persis kaya pinguin,” ujarnya sambil tertawa.

“Yan terpenting silaturahmi antar warga di sini semakin erat. HIburan bisa jadi sarana untuk mempersatukan,” tambahnya.

Salah seorang peserta bernama Isal (7) yang berulang kali jatuh bangun ini mengaku senang dengan perlombaan tersebut.”Susah tapi seneng,”celetuknya. (AM/VOJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here