Award, KPU Banjar Sabet Peringkat 2

0

BANJAR, Voiceofjabar.com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar meraih predikat terbaik ke-2 KPU Jabar Award yang berlangsung di Aula KPU Provinsi jawa Barat, Jumat (21/9/2018). 

Penghargaan tersebut dalam hal kategori layanan masyarakat paling kreatif dan inovatif. Sedangkan penghargaan lainnya KPU Kota Banjar mendapatkan predikat terbaik ketiga untuk kategori  Penyelenggaraan Pilgub Jabar Berintegritas.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis mengatakan, penghargaan yang diraih itu buah dari kerja keras, komitmen dan kerjasama semua pihak terutama seluruh warga masyarakat Kota Banjar yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2018.

“Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi2nya kepada Keluarga Besar KPU Kota Banjar, PPK, PPS, KPPS, PPDP dan Agen Sosialisasi, Unsur Pemerintahan Kota Banjar dari atas sampai bawah dan Forkopimda (jajaran Polri/TNI, Kejaksaan), dan para awak media sebagai pilar demokrasi, Bawaslu Kota Banjar, Para pasangan calon dan partai politik pengusung dan pendukungnya serta semua pihak yang telah berkontribusi banyak dalam penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018 Lalu.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi KPU Banjar dan jajaran ke depan supaya lebih baik lagi, “ ujarnya.

Ada beberapa kategori yang dinilai oleh KPU Provinsi antara lain, kategori Inovasi Sosialisasi, DPT berkualitas, Pilgub akses dan penyelenggaraan Pilkada serentak berintegritas.

Bayar Utang bagi Pihak yang Berjasa

Pemberian KPU Jabar Award bisa disebut sebagai bayar utang kepada para pihak yang selama ini membantu kelancaran Pilgub Jabar 2018. Para pihak tersebut dengan sukarela dan tanpa dipaksa membantu sejak persiapan hingga penetapan gubernur terpilih dengan aman, lancar, dan damai. Dukungan tersebut juga melampaui harapan penyelengara pemilu. 

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan penghargaan itu wajar disampaikan karena sebelumnya diperkirakan tingkat kerawanan Pilgub Jabar mencapai stadium satu atau setara dengan Papua dan Kalimantan Barat. 

“Namun alhamdulillah, pada akhirnya penyelenggaraan Pilgub Jabar berjalan sangat baik dan menjadi contoh yang baik pula,” tuturnya.

Secara khusus, Yayat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang memberikan bantuan dana hibah. Begitu pula kepada Kapolda dan Pangdam III Siliwangi yang menjamin rasa aman para penyelenggara pemilu, sehingga bisa bekerja nyaman dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bahkan tingkat partisipasi pemilih pun meningkat dari 63% pada tahun 2013 menjadi 71% pada tahun 2018.

Penghargaan juga disampaikan Yayat kepada IDI (Ikatan Dokter Indonesia), kelompok civil society, 30 perguruan tinggi di Jawa Barat yang dimotori Universitas Indonesia, seluruh jajaran KPU di Kabupaten/Kota, serta sejumlah instansi lain yang seluruhnya berjumlah 60 instansi. (AM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here