Aturan Perpanjangan SIUP dan TDP Dihapus

0

Voiceofjabar.com – Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) tidak perlu lagi diperpanjang dan diubah. Demikian ditegaskan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. Ia menegaskan bahwa penghapusan kewajiban perpanjangan tersebut telah ia tandatangani atas perintah presiden.

“Surat edaran sudah saya tandatangani. Bahwa sesuai dengan perintah Presiden dan rakor Kemenko, yaitu kami Kementerian Perdagangan sudah mencabut atau menyatakan, SIUP tidak perlu daftar ulang. SIUP itu cukup satu kali saja,” katanya di Jakarta belum lama ini.

“Peraturan ini efektif diberlakukan di seluruh wilayah di Indonesia,”tambahnya.

Diakui Mendag aturan kewajiban perpanjangan SIUP dan TDP yang selama ini diikuti terlalu jelimet dan memusingkan. Padahal, kata dia, mengurus perpanjangan harusnya dibuat simple. Tidak dibuat repot. Cukup satu lembar online saja.

“Pemerintah sekarang mempermudah pelaku usaha untuk perpanjangan. Dari formulir sekian banyak, saya pun pusing, jadi sekarang perpanjangannya itu cukup disampaikan dengan online atau manual saja,”katanya. (red)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here