Anggaran Tidak Dicairkan, Pembangunan Bandara Kertajati Berjalan Lamban

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Pencairan anggaran APBN sebesar Rp350 miliar untuk pembangunan landasan pacu Bandara Internasional Kertajati Majalengka dan elemen-elemen lain di sekitarnya belum juga dicairkan pemerintah.

Hal itu pula yang menjadi penghambat terhadap mangkraknya pembangunan proyek jalan tol Cisundawu yang semula dirancang akan rampung bersamaan dengan pembangunan bandara.

Pencairan dana negara tersebut terhambat karena berbenturan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 40 Tahun 2012 tentang Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Bandara Udara.

“Seperti yang saya prediksi. Anggaran itu tidak cair,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jabar Daddy Rohanady belum lama ini.

Selain itu, keterlambatan tersebut juga disebabkan oleh adanya nota kesepahaman antara PT BIJB dan PT Angkasa Pura II yang juga merujuk pada PP No 40 tahun 2012 tadi.

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini pengerjaan proyek baru merampungkan paket I yakni runway sepanjang 2500 meter, taxi way dan apron. Sedangkan paket lainnya seperti fasilitas darat, navigasi, suply listri dan genset masih belum beres.

“Padahal, BIJB Kertajati dalam desain awalnya tercatat memiliki runway 3.000 meter,”tandasnya. (ab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here